Pemusatan latihan kabupaten (puslatkab) untuk persiapan pekan olahraga provinsi (porprov) belum juga dilaksanakan. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sidoarjo masih melakukan sejumlah persiapan sebelum puslatkab.
Kepala Bidang Bina Prestasi KONI Sidoarjo Setyo Hartoto mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat terlebih dahulu sebelum menentukan pelaksanaan puslatkab atau training center (TC). Namun, hingga saat ini dirinya juga belum bisa memastikan kapan rapat akan dilaksanakan.
KONI Sidoarjo masih menunggu hasil rapat kerja KONI Jatim mengenai jadwal resmi pelaksanaan Porprov 2019. Setelah itu baru pihaknya bisa menggelar rapat. Selain untuk penentuan puslatkab, juga pengarahan kepada masing-masing cabang olahraga. “Kami berharap segera ada keputusan resmi KONI Jatim,” ujarnya kemarin.
Menurut Setyo, pelaksanaan puslatkab lebih cepat lebih baik. Dengan begitu, persiapan atlet yang akan bertanding semakin matang. Jika memungkinkan, puslatkab diadakan pada bulan depan. “Kalau bisa di awal tahun agar persiapannya lebih lama,” imbuhnya.
Puslatkab merupakan salah satu program KONI Sidoarjo sebagai persiapan menghadapi porprov. Menindaklanjuti program di tahun 2017, yakni sport science bersama Universitas Negeri Surabaya. Hasil dari sport science akan dimatangkan di puslatkab. Harapannya, prestasi kontingen Sidoarjo bisa lebih baik ketimbang porprov di Banyuwangi yang hanya peringkat keempat. (nis/rek)