Menurut Herik, kondektur bus, peristiwa nahas itu terjadi sekitar pukul 09.30. Saat itu bus sedang melaju dari arah Bondowoso menuju Besuki. Sesampainya di TKP, tiba-tiba rem bus blong. Alhasil bus meluncur tanpa dapat dikendalikan. “Ketika sampai di belokan pada jalan menurun, bus menghantam pembatas jalan. Akhirnya roda depan kiri bus terperosok dan masuk ke dalam jurang,” terangnya.

Beruntung saat terguling, bus tersangkut tiga pohon jati yang berdiri tegak. Sehingga, tidak jatuh ke dalam jurang yang lebih dalam lagi. “Seandainya tidak tersangkut kayu jati, saya tidak tahu bagaimana jadinya. Karena jurang tersebut agak dalam,” paparnya.

Herik menambahkan, hingga saat ini dirinya masih bertanya-tanya penyebab rem bus tiba-tiba blong di lokasi. “Saya gak paham kenapa tiba-tiba rem bus menjadi blong. Padahal saat berangkat, bus masih dalam keadaan fit. Bahkan rem bus masih dapat difungsikan pada belokan sebelum lokasi kejadian,”bebernya.

Kanit Laka Polres Situbondo, Ipda Teguh Santoso mengatakan, setelah mendapat kabar tersebut, polisi langsung terjun ke lokasi dan melakukan olah TKP. “Kami membuat sket di lokasi. Untuk para korban, oleh anggota langsung sebagian dibawa ke Puskesmas Suboh. Sementara sisanya dibawa ke RSUD Besuki,” ucapnya.

Teguh mengatakan, total korban luka ringan sebanyak empat orang. Di antaranya adalah Sulasmani, pedagang asal Kelurahan Kreongan, Kecamatan Patrang, Jember. Nenek 60 tahun ini mengalami dislokasi pada kaki kanan. Korban lainnya adalah Marwah, penumpang bus asal Desa Pesisir, Kecamatan Besuki. Wanita yang berprofesi sebagai pedagang tersebut mengalami luka robek pada paha kaki kiri dan lecet pada telapak kaki kiri.

 “Sementara, korban yang mengalami luka berat adalah Syamsul Hadi, warga Kelurahan Badean, Kecamatan Bondowoso. Pria yang merupakan pensiunan PNS ini mengalami patah tulang tertutup pada paha kaki kanan, luka robek pada kepala atas dan luka lecet pada punggung telapak tangan kanan,” kata Teguh.

Sementara, kerugian materi yang disebabkan peristiwa tersebut mencapai belasan juta rupiah. “Bus mengalami kerusakan pada keselurahan bodinya akibat terguling dan menghantam pohon. Total kerugiannya sekitar RP. 15 juta,” paparnya. (zul/pri)

(bw/mls/ics/JPR)

Source link