Itu disampaikan Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo dalam acara Pembinaan Kerja Perusahaan Daerah / BUMD Kota Surakarta di Hotel Lodji, kemarin (5/12).

Di hadapan jajaran pengurus Perusda, wali kota mengatakan surat izin sudah dapat diambil dan segera ditindaklanjuti untuk segera dibangun SPBU di kawasan Pedaringan. “Izinnya sudah turun, segera diambil saja. Kita dirikan SPBU untuk melayani masyarakat,” katanya.

Rencana mendirikan SPBU sudah disampaikan Rudy pada awal tahun lalu. Menurutnya kawasan Pedaringan dinilai memiliki tingkat produktivitas yang kurang tinggi. Sebab, Pedaringan hanya menjadi gudang serta terminal peti tanpa usaha lainnya.

Langkah awal ditempuh pemkot dengan mengganti Pedaringan menjadi PT Aneka Usaha. Dengan bentuk badan usaha tersebut PT Aneka Usaha dapat menyelenggarakan usaha di berbagai bidang, salah satunya adalah SPBU. “Keuntungan SPBU diharapkan lebih besar dari yang sekarang,” imbuhnya.

Selain SPBU, pemkot juga berencana mendirikan convention hall di kawasan yang sama. Pedaringan yang kini bertransformasi sebagai PT Aneka Usaha dapat lebih menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang lebih besar.

(rs/irw/bay/JPR)