Kepala Bidang Bina Manfaat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo Bambang Tjatur mengatakan, sama seperti di roadshow sebelumnya, masyarakat dan relawan akan turun langsung untuk membersihkan sungai. Panjang sungai yang akan dibersihkan bersama-sama sekitar 600 meter.

Bambang menyebut, saat ini kondisi beberapa sungai di Sidoarjo saat musim hujan ini sudah penuh. Musim hujan membuat volume air di sungai meningkat. Ditambah dengan sampah yang dibuang oleh masyarakat ke sungai membuatnya semakin penuh. “Aliran air pun terhambat dan berpotensi menyebabkan banjir,” ujarnya.

Karena itu, pihaknya tidak bosan mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap sungai. Dalam roadshow SPS di Buduran besok, ratusan masyarakat akan diajak untuk membersihkan sampah. 

Selain sampah, ada juga tanaman eceng gondok yang memenuhi sungai. Tanaman ini juga membuat aliran sungai terhenti. Dinas PUPR sendiri sudah mulai membersihkan eceng gondok di beberapa sungai. Seperti sungai Sidokare kemarin. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)