UNTUK SISWA: Bupati Syahri Mulyo memakaikan sepatu kepada siswa.
(choirurrozaq/ RATU)

penyerahan secara simbolis seragam dan perlengkapan sekolah gratis untuk siswa SD dan SMP se-Tulungagung digelar kemarin (5/9). Acara ini diselenggarakan di SDN 2 Kedungsoko dan SMPN 5 Tulungagung, serta dihadiri kepala sekolah se-Tulungagung.

Bupati Syahri Mulyo mengatakan, pemberian bantuan penyelenggaraan sekolah gratis ini untuk mendukung upaya pembinaan anak usia tujuh hingga 15 tahun. Sehingga mereka harus diberi rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohaninya. “Agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lanjutan,” katanya kepada hadirin.

Menurut dia, program yang menyedot anggaran daerah senilai Rp 30 miliar ini memang untuk mendukung kemajuan pendidikan di Kabupaten Tulungagung. Dana digelontorkan melalui Satuan Pendidikan di satuan pendidikan SD Negeri dan SMP Negeri, berupa pembiayaan personal. “Ini berupa seragam dan perlengkapan sekolah. Di samping itu juga biaya mengikuti ekstrakurikuler, PHBN, kalender sekolah, dan buku pendamping,” terangnya.

Secara rinci, untuk SD negeri disediakan anggaran sekitar Rp 14 miliar, sedangkan untuk SMP negeri sekitar Rp 15,9 miliar. Jika ditotal mencapai sekitar Rp 30 miliar.

Penyerahan simbolis ini membuat siswa semringah. Muhammad Irgi Pratama, siswa kelas 1 SDN 2 Kedungsoko contohnya. Dia mengaku sangat senang mendapat bantuan dari pemerintah untuk seragam dan perlengkapan sekolah. “Saya sangat senang,” katanya.

Hal yang kurang lebih sama pun terlihat di SMPN 5 Tulungagung. Perwakilan siswa kelas 7 yang menerima secara simbolis pun tidak bisa menyembunyikan perasaan bahagia mendapat bantuan seragam dan perlengkapan sekolah gratis.

BARU: Wakil Bupati Maryoto Birowo memakaikan seragam kepada siswa yang baru masuk SD.
(Choirurrozaq/ RATU)

PEDULI PENDIDIKAN: Bupati Syahri Mulyo dan Maryoto Birowo foto bersama usai memberikan seragam gratis.

PEDULI PENDIDIKAN: Bupati Syahri Mulyo dan Maryoto Birowo foto bersama usai memberikan seragam gratis.
(Choirurrozaq/ RATU)

(rt/rak/whe/JPR)

Source link