DIKEBUT: Alat berat yang dikerahkan untuk pengerjaan tol Pandaan-Malang di sukorejo.
(M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

SUKOREJO–Ruas jalan tol Pandaan-Malang seksi I tetap bisa difungsionalkan saat Lebaran nanti. Namun, yang bisa digunakan untuk arus mudik maupun balik hanya 5 kilometer saja.

Hal ini disampaikan Humas PT Jasamarga Pandaan-Malang Agus Tri pada Jawa Pos Radar Bromo, Kamis (24/5). “Di seksi satu ini, yang difungsionalkan saat Lebaran hanya 5 kilometer saja. Yakni, dari Pandaan hingga Lemahbang, Sukorejo,” terangnya.

Keputusan untuk mengoperasikan jalan sepanjang 5 kilometer itu tak lepas dari hasil survei serta koordinasi dengan tim gabungan. Dimana tim itu melibatkan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN).

“Sejatinya dari Pandaan hingga Purwodadi untuk fisik kontruksinya sudah tersambung semua. Namun, paling siap adalah dari Pandaan-Lemahbang saja,” ungkapnya. Fungsional selama Lebaran pun melihat kondisi di lapangan.

Salah satunya mempertimbangkan arus lalu lintas atau traffic di jalan kolektor nasional Surabaya-Malang dan sebaliknya. Fungsional tol berlangsung saat H-7 hingga H+7 Lebaran. Yakni, dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00.

SURVEY: Tim gabungan dari Korlantas, Kemenhub dan BPJN saat survey ruas jalan tol Pandaan-Malang di Lemahbang-Sukorejo.
(Humas PT Jasamarga Pandaan Malang)

“Dilalui atau tidaknya selama fungsional Lebaran, tergantung pada kondisi terkini di lapangan. Segala sesuatunya sudah kami siapkan sejak sekarang,” tukasnya.

Sementara itu, untuk wilayah Kabupaten Malang, ruas jalan tol ini yang fungsional hanya di seksi tiga saja. Tepatnya dari Sumberwuni, Kecamatan Lawang hingga Karanglo, Kecamatan Singosari, atau panjang 12 kilometer. 

(br/fun/zal/fun/JPR)

Source link