Bagi pecinta Oats di Denpasar dan sekitarnya, saat ini tidak perlu khawatir. Pasalnya, di Oats And Fellas Bali di Jalan Dewi Sri Kuta, tersedia beragam jenis olahan Oats yang tidak saja enak, namun juga tampilannya berwarna karena disajikan dengan beragam jenis topping.  

Owner Oats and Fellas Bali,  Fransisca Portiana yang akrab dipanggil Ana mengatakan, ide awal didirikannya Oats and Fellas ini, karena  mengonsumsi makanan sehat, khususnya jenis raw food (makanan yang diolah tanpa proses memasak dengan api) sedang tren di Bali. ” Kami mencoba menghadirkan jenis makanan ini. Selain itu,  di Bali tempat yang menyajikan jenis makanan ini belum ada,” jelasnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group), Jumat (17/11) kemarin.

Sesuai dengan namanya, secara umum jenis  makanan yang disajikan di Oats And Fellas adalah jenis makanan yang berbahan dasar Oats (sejenis biji-bijian yang mengandung serat larut yang sangat baik untuk program diet). Yang membedakan hidangan di Oats And Fellas ini, lanjut Ana, adalah pilihan topping dari Oats yang beraneka ragam.

Oats and Fellas menyajikan tiga jenis makanan dengan berbagai varian rasa, seperti Overnight Oats, yakni Oats yang disajikan dengan beragam pilihan rasa, mulai dari banana atau choco banana, strawberry choco, mango tango, yummy berry, sunset choco, dan oh my oreo.

Selanjutnya ada chia pudding.  Jenis pudding yang terbuat dari biji chia (Chia seed), yakni  sejenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Di Indonesia, lanjut  Ana, Chia seed ini mulai populer sejak beberapa tahun lalu sebagai salah satu pilihan makanan sehat.

Ditambahkan Ana,  khusus untuk chia pudding  terdiri dari beberapa pilihan rasa, mulai dari plain berry, choco addict hingga deli choco. Seluruh menu chia pudding ini diolah tanpa adanya proses memasak dengan menggunakan api.

Selanjutnya adalah menu Oats Milk, yaitu olahan susu yang terbuat dari biji gandum yang disajikan dengan beberapa pilihan rasa, mulai dari rasa plain, choco, banana dan strawberry. “Untuk di Bali, Oats Milk menjadi salah satu produk satu-satunya di Bali, yang juga kami tawarkan pada konsumen yang vegan, karena susu ini mengandung lemak nabati yang terbuat dari gandum,” paparnya.

Yang menarik dari jenis makanan ini, dijelaskan Ana, seluruh makanan ini disajikan tanpa tambahan gula dan garam serta zat pengawet, sehingga makanan ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh yang sedang diet.
Dengan mengonsumsi makanan ini,  lanjut Ana, masyarakat bisa mendapat manfaat kesehatan karena  berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung, hingga mampu membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, bagi kaum hawa yang ingin kulitnya cantik, bisa mengonsumsi makanan ini karena makanan  ini kaya antioksidan.

“Meskipun pada umumnya jenis makanan ini cocok untuk sarapan, namun di Oats And Fellas, menu-menu Oats dan chia pudding yang disediakan bisa dinikmati untuk menu sarapan, makan siang ataupun makan malam,” pungkasnya.

Melayani Konsumen Vegetarian

 

Seluruh makanan yang disajikan di Oats And Fellas adalah jenis makanan nabati, sehingga otomatis juga melayani pelanggan vegetarian.

Bahkan untuk para pelanggan vegetarian, lanjut Ana, bisa memanjakan diri dengan beragam jenis menu makanan yang disajikan di Oats and Fellas . “Oats and Fellas  adalah surganya penganut vegetarian, karena menu yang kami sajikan adalah menu nabati murni, termasuk susu yang kami sajikan juga susu nabati, yakni susu Oats,” jelasnya.

Karena seluruh jenis makanan yang disajikannya tidak melalui proses memasak dengan menggunakan panas dari api, maka seluruh makanan yang disajikan di Oats and Fellas  adalah makanan segar yang dimasak ketika dipesan oleh pelanggan.

Namun demikian, untuk beberapa jenis menu, diakui Ana, memang sudah dipersiapkan sehari sebelumnya, seperti chia pudding. Jenis menu ini diakuinya memang harus dipersiapkan terlebih dahulu karena sifat dari chia sebagai bahan utama untuk membuat chia pudding, harus direndam semalam sebelum dihidangkan. Ana mengatakan produk olahan yang dihidangkan oleh Oats and Fellas dijual dengan harga mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 75 ribu per porsi.

Selain menu makanan yang bisa langsung dinikmati, Oats and Fellas juga menyajikan menu makanan yang bisa dibawa pulang oleh pelanggan. “Untuk menu yang take away ini, kami siapkan yang belum diolah, jadi semua bahan masih dalam kondisi kering, sehingga bisa tahan tanpa lemari pendingin,” paparnya. 

(bx/gek/rin/yes/JPR)

Source link