Kepala SDN 4 Kebaman, Nanik mengatakan, salat tarawih dan buka bersama yang digelar itu sudah menjadi tradisi di sekolahnya. “Selain meningkatkan rasa persaudaraan, juga menjadi sarana edukasi religi bagi siswa,” katanya.

Nanik menyebut dalam acara ini juga digelar tasyakuran menjelang kelulusan siswa kelas VI. Para siswa yang ikut dalam acara ini mulai kelas III hingga kelas VI. “Ini acara rutin yang selalu digelar setiap Ramadan,” ujarnya.

Acara itu dimulai pukul 16.00 dengan diawali tasyakuran kelulusan. Kata perpisahan, disampaikan Shelomita Fajar Olivia, salah satu wali murid, dengan membacakan puisi yang menyentuh perasaan para siswa dan para guru. “Saya berharap anak-anak tetap ingat pada para guru, bila bertemu ciumlah tangannya,” cetus Fajar Olivia.

Dalam acara itu juga diberikan pemberian cindera mata kepada guru yang baru saja purna tugas, aitu M. Ponidi Al Farizi selaku guru olahraga dan Eny Wahyuti guru kelas II. Acara tasyakuran ditutup doa yang bertepatan dengan azan magrib dengan buka bersama. Untuk buka ini disiapkan oleh pagubupan kelas.

Setelah buka bersama acara diakhiri dengan salat tarawih yang diimami oleh guru agama Nurhalim. “Hen­daknya salat dilakukan dengan tenang dan khusyu,” pinta Nurhalim sebelum salat tarawih dimulai.

(bw/jpr/rbs/JPR)

Source link