Bupati I Putu Artha dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Jembrana, I Made Sudiada meminta agar PKBI sebagai LSM yang bergerak dibidang kependudukan, keluarga berencana, kesehatan seksual dan Reproduksi agar dapat mengambil peran dam fungsi. Serta mampu memanfaatkan peluang termasuk menjalin kemitraan dengan pemerintah.

“PKBI sebagai salah satu organisasi mitra dari BKKBN yang dalam hal ini melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Jembrana hendaknya dapat bersinergi dengan stakeholder lain. Dalam peningkatan kualitas manusia Indonesia. Yakni peningkatan kualitas SDM yang unggul dan berdaya saing dalam rangka optimalisasi pemanfaatan sumber daya menuju masyarakat Jembrana yang sejahtera,“ ujarnya.

Dengan dilantiknya PKBI Jembrana ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat sehingga sasaran program yakni membangun keluarga dapat tercapai. “Pembangunan dimulai dari keluarga itu sendiri. Maka dari itu masyarakat harus terus dimotivasi agar ikut program KB seperti mengatur jarak kelahiran dengan menunda kelahiran berikutnya bagi pasangan usia subur (PUS) yang sudah memiliki anak dan membatasi jumlah anak sesuai program keluarga berencana,” harapnya.

Sementara Ketua Pengurus PKBI Propinsi Bali, Dyah Pradnyaparamita Duarsa berharap kedepan PKBI agar mampu mengambil peran sesuai dengan kondisi Kabupaten Jembrana dan sumber daya yang dimiliki. “PKBI Daerah harus mampu mendukung dan memfasilitasi berdasarkan aturan dan kondisi daerah yang ada. Sebagai relawan tentu memiliki dedikasi dan keberanian. Tugas ini sangat mulya karena menyangkut kemanusiaan. Jalankan tugas dengan penuh dedikasi dan loyalitas,” katanya. 

(bx/tor/yes/JPR)

Source link