RADARSEMARANG.ID- Proses penjaringan calon direktur utama dan direktur operasional Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Pesona FM, Selasa (21/11/2017) dimulai dengan ujian tertulis. Sebanyak 8 orang peserta dinyatakan lolos pada tahap tes tertulis yang digelar di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo tersebut.

Sekretaris Dinas Kominfo, Dwiyama SB yang juga Sekretaris Panitia Seleksi Dirut dan Dirops LPPL Pesona FM mengatakan, ke-8 orang yang telah dinyatakan lulus tes tertulis selanjutnya diminta mengikuti tes wawancara pada Sabtu (25/11/2017) mendatang. “Para peserta yang oleh pansel dinyatakan berhak untuk mengikuti tes wawancara kami harapkan hadir dengan membawa karya tulis ilmiah yang berisi visi, misi serta rencana program apabila diterima sebagai Direktur Utama maupun Direktur Operasional,” jelas Dwiyama.

Proses seleksi untuk pemilihan dirut maupun dirops LPPL Radio Pesona FM, ditegaskan Dwiyama, telah dilakukan secara transparan. Mulai dari proses pendaftaran, seleksi administrasi hingga tahap ujian tes tertulis. Dari 16 orang peserta yang dinyatakan berhak mengikuti tes tertulis, hanya 10 yang hadir. “Hasil ujian tertulis langsung dinilai dan dari penilaian pihak panitia seleksi, sebanyak 8 orang dinyatakan berhak mengikuti ujian wawancara,” tandasnya. Calon yang lolos tersebut terdiri dari 3 orang untuk posisi dirut dan 5 orang di posisi dirops.

Lolosnya 8 orang pada ujian tertulis, menurut Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Bambang Sutejo, sudah didasarkan pada penilaian objektif dan passing grade yang ditetapkan Panitia Seleksi. “Para peserta menerima soal yang sama, berisi materi perihal dasar-dasar kepemimpinan, seputar penyiaran, pengetahuan dasar radio, serta sejumlah regulasi mengenai penyiaran publik,” beber Bambang yang menjadi salah satu pengawas ujian tertulis.

(sm/ale/ton/JPR)