Untuk skala nasional, minuman olahan buah mangga tersebut kali pertama booming akhir tahun lalu. Saat itu, pasangan selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slafina mengenalkan bisnisnya yang mengadopsi salah satu minuman khas dari Thailand.

Setelah mereka, banyak pebisnis lain yang mengikuti jejak pasutri selebritis papan atas tersebut. Tak lama kemudian, makanan tersebut ikut dipopulerkan di kalangan pebisnis kafe dan kuliner Bumi Wali.

Anisa, salah satu pemilik kafe di Jalan Pemuda mengatakan, King Mango Thai merupakan minuman khas Thailand yang baru diadopsi pebisnis tanah air. Sekilas bentuknya mirip jus mangga.

Yang paling mencolok dari minuman khas negeri di belahan Asia Tenggara tersebut adalah topping minuman yang menggunakan irisan mangga dicampur es krim. ‘’Ini di kafe kota-kota besar sudah banyak, di Tuban masih baru,’’ terang dia.

Cewek yang akrab disapa Icha itu mengatakan, biasanya King Mango Thai di pesan bersama Sate Thaican. Uniknya, sate dari daging ayam ini tidak dibakar menggunakan arang. Melainkan dipanggang.

Bumbunya tak lagi menggunakan olahan kecap atau kacang, melainkan sambal bajak dan taburan penyedap rasa.

Sate tersebut memang bukan dari Thailand, namun karena namanya sekilas seperti makanan Thailand banyak orang memesan Sate Taichan dengan minuman King Mango Thai.

(bj/yud/ds/bet/ch/JPR)

Source link