BANYUWANGI – Hamil menjadi kodrat istimewa yang diberikan Tuhan kepada kaum hawa. Sebagai penerus generasi dan keturunan bagi keluarga, kehadiran buah hati menjadi idaman bagi pasangan suami istri.

Untuk memperoleh kelancaran dan kenyamanan selama proses melahirkan, calon ibu dan suami wajib mempersiapkan rencana bersalin sejak dini. Untuk mendukung kelancaran bersalin, tidak ada salahnya menanyakan langsung kepada bidan atau dokter.

Saat pemeriksaan rutin dilakukan, biasanya petugas medis ini akan memberikan prediksi dan taksiran kapan persalinan berlangsung. ”Ada baiknya suami atau keluarga ikut dalam pemeriksaan dan konsultasi soal persalinan ini,” ujar Bidan Sisca Zulfiana.

Bergabungnya suami dan keluarga dalam konsultasi dengan bidan/dokter ini dirasa sangat penting. Kehadiran keluarga bisa menjadi bagian dalam tim sukses proses melahirkan nanti. Termasuk dalam memberikan antisipasi dan pertolongan bagi ibu hamil saat kondisi darurat terjadi.

Yang tidak kalah penting juga, meskipun bayi belum lahir, pasangan suami istri perlu membicarakan masalah kontrasepsi. Komunikasi awal internal keluarga sangat menentukan untuk memilih metode keluarga berencana yang akan digunakan. Konsultasi dengan bidan atau dokter bisa dilakukan terkait arahan penggunaan alat kontrasepsi yang sesuai.

Untuk kondisi darurat, tidak ada salahnya juga menyediakan pendonor darah. Keberadaan pendonor ini sangat vital. Terutama sewaktu waktu ibu hamil membutuhkan transfusi darah dalam proses melahirkannya. ”Siapkan siapa, entah dari keluarga atau teman untuk jadi pendonor,” sarannya.

Sisca menambahkan, bagi ibu hamil tidak ada salahnya juga memilih tempat persalinan. Di rumah sakit atau bidan tidak ada masalah. Terpenting di sini, fasilitas yang diperlukan untuk mendukung persalinan tersedia.

Termasuk merancang biaya persalinan. Mempersiapkan uang kaget untuk persalinan sewaktu-waktu dibutuhkan memang diperlukan. ”Untuk kondisi darurat dan sewaktu dibutuhkan siapkan pula kendaraan siap pakai,” pungkasnya. (nic/bay/c1)

(bw/nic/ics/JPR)

Source link