TAMPIL : Siswi Program Keahlian Tata Kecantikan Kulit & Rambut SMKN 3 Kota Magelang tampil membawakan karyanya.
(Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu)

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – Banyaknya prestasi yang diraih SMKN 3 Kota Magelang dalam bidang tata kecantikan baik tingkat provinsi maupun nasional, mendorong sekolah ini berupaya menjaring calon siswa berbakat.

Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang dibuka mulai 1 Juli kemarin  hingga 6 Juli mendatang, dimanfaatkan betul oleh SMKN 3 Kota Magelang.

Ketua Program Keahlian Tata Kecantikan Kulit & Rambut SMKN 3 Kota Magelang, Maesaroh Nurlaila, SPd, Minggu (1/7) kemarin, sekolahnya merupakan sekolah pariwisata negeri satu-satunya yang memiliki jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang.

“Terlebih sistem zonasi yang diterapkan oleh Provinsi Jawa Tengah, tidak berlaku dalam PPDB jenjang SMK. Jadi, bagi siswa lulusan SMP/MTs manapun bisa mendaftar secara bebas di SMK manapun, termasuk di SMKN 3 Kota Magelang. Kami juga rutin menyosialisasikan program keahlian kami di SMP/MTs,” jelas Maesaroh.

Program Keahlian Tata Kecantikan Kulit & Rambut sendiri menurut dia, telah menghasilkan lulusan yang bekerja secara profesional di bidang kecantikan. Bahkan, sebelum para siswa lulus pun, sudah dipantau oleh para stylish maupun beautician professional dan bahkan para wedding organizer.

Didukung ruang kelas yang representatif, ruang praktik kecantikan kulit ber-AC, ruang praktik kecantikan rambut ber-AC, dan juga ruang praktik tata rias pengantin. Untuk lebih membekali siswanya siap terjun dalam persaingan di dunia tata kecantikan, pihaknya rutin mengadakan gelar karya tata kecantikan.

“Program ini lah yang menghantarkan berbagai prestasi siswa kami. Antara lain juara Rias Fantasi 2018 di UNY, juara Putri Kartini Photogenic 2018 tingkat Jateng. Para alumni belum lulus sudah dipesan oleh perusahaan dan industri. Selain itu, banyak yang sukses wirausaha buka salon. Kami hanya membuka dua kelas dengan daya tampung 72 siswa. Jadi segera kunjungi SMKN 3 Magelang untuk mendaftar,” ajak Maesaroh. 

(sm/cr3/lis/ap/JPR)