SOLO – Menyemarakkan bulan suci Ramadan, Lembaga Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) STIKES PKU Muhammadiyah Solo menggelar berbagai kegiatan. Melibatkan seluruh civitas akademika di kampus setempat. Ketua Lembaga AIK, Indriyani Dian mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan selama bulan puasa untuk membudayakan membaca Alquran di lingkungan kampus.

”Kegiatan ini kami laksanakan dengan membagi civitas menjadi tiga kelompok. Diharapkan para civitas akademika dapat menjalankan kegiatan Ramadan lebih khusuk. Juga dapat menjalankan tadarus Alquran di sela-sela pekerjaan secara berkelompok maupun sendiri di lingkungan kampus,” beber Indriyani kepada Jawa Pos Radar Solo.

Indriyani menambahkan, pihaknya akan mendatangkan narasumber dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Solo. Di antaranya Sofyan Anif dan Ahmad Dimyati. AIK juga mengadakan pengumpulan infak sodaqoh tiap hari selama Ramadan.

Tujuan berbagai kegiatan tersebut bukan hanya untuk meningkatkan semangat beribadah bagi keluarga besar STIKES PKU Muhammadiyah semata. Namun juga sekaligus meningkatkan kualitas pribadi. ”Hasilnya diserahkan untuk anak yatim nonpanti di lingkungan masyarakat sekitar kampus,” imbuhnya.

Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Institusi (LPMPI) STIKES PKU Muhammadiyah juga mengadakan pesantren bagi mahasiswa semester dua. Pesantren mahasiswa ini dilaksanakan di asrama dan sudah dimulai sejak Februari sampai berakhirnya bulan Ramadan.

”Kami berharap kegiatan di Bulan Ramadan ini dapat menanamkan kepada mahasiswa maupun civitas akademika STIKES PKU Muhammadiyah agar selalu dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan melalui lembaga AIK maupun LPMPI,” tandas Ketua STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti. (aya/fer)

(rs/aya/fer/JPR)