Ilustrasi
(Achmad Syaifudin/Radar Bromo)

TUA-tua keladi. Makin tua, makin menjadi. Begitu mungkin ungkapan pas yang menggambarkan sosok Tole, 50 (nama samaran), warga Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Betapa tidak di usia memasuki separo abad, ia bukannya lebih religius.

Yang ada, Tole malah liar. Ia malah punya “hobi” baru; suka “jajan” di luar. Tak tahan dengan sikap sang suami, Minthul yang masih haus belaian kasih sayang di usia 48 tahun pun memilih mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama (PA) Bangil.

Minthul mengaku, pernikahannya dengan Tole bukanlah kemarin sore. Keduanya sudah menjalin bahtera rumah tangga sejak 27 tahun silam. “Bahkan sudah ada 3 anak dan 2 cucu. Jadi, ya memang sudah tua,” jelasnya.

Selama puluhan tahun itu, Minthul mengaku sudah melewati asam garam kehidupan bareng Tole. Mulai hidup serbakekurangan hingga hidup berkecukupan seperti saat ini.

Usai ketiga anaknya hidup mandiri dengan hidup merantau di luar kota, Minthul hanya tinggal bareng sang suami. Bagi sebagian orang, tinggal berdua dianggap enak. Sebab, bisa berduaan seperti layaknya pengantin baru.

Namun bagi Minthul, hal itu malah sebaliknya. “Tapi saya rasa kok gak gitu, setelah rumah sepi tinggal berdua, dia (Tole) malah gak kerasan di rumah dan selalu ngeluyur terus,” keluhnya.

Tak ada suami dan anak, memang membuat Minthul sering kali kesepian. Sebab, Tole malah jarang di rumah. Saat pulang pun, Minthul jarang disentuh.

Kondisi itu bertahan hingga 2 tahun terakhir. Dari situ, Minthul pun mulai curiga. “Saya awalnya, mikirnya apa karena sudah tua? Jadi, keinginan bermesraan menurun. Tapi, kok saya rasakan, dia sudah lama gak pernah ngajak saya begituan? Padahal orangnya dulu nderamus. Nggak bisa lihat saya pakai baju terbuka dikit. Jadi, saya akhirnya gak curiga,” jelasnya.

Kecurigaan Minthul membuncah saat ia mendengar bahwa Tole kerap didapati di tempat praktik prostitusi ilegal. Tole disebutkan sering jajan. Bukan hanya satu tetangga yang ngerasani.

Dari situ, Minthul pun akhirnya memberanikan diri langsung klarifikasi ke Tole. “Eh, dia malah gak menyangkal. Katanya, ia buat hiburan,” jelasnya.

Mendengar hal itu, Minthul jelas muntap. Apalagi Tole mengaku sudah tak memiliki hasrat menjalin asmara dengannya sejak beberapa tahun terakhir. Lantaran itu, Tole pun akhirnya memutuskan untuk mencari “selingan” di luar rumah.

“Jelas saya kecewa, marah pokoknya campur aduk. Tapi karena sudah sakit hati, dia Tole sampai berbuat seperti itu, ya sudah saya gak tahan dan pilih cerai saja,” jelasnya.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Source link