Tidak tanggung tanggung, dalam kegiatan pelatihan Kamis (2/11) lalu, Suryo kembali menggandeng Kementrian Pariwisata (Kemenpar). Para ahli di kementerian diharapkan bisa berbagi ilmu tentang kepariwisataan kepada masyarakat Nganjuk.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Hotel Nirwana ini dihadiri oleh Plt Bupati Nganjuk Abdul Wachid Badrus. Di depan pelaku pariwisata di Nganjuk, Gus Wachid, sapaan akrab Abdul Wachid Badrus, menyampaikan apresiasinya. “Kegiatan ini sangat bagus untuk pengembangan pariwisata Nganjuk,” kata Gus Wachid.

Foto: Ahmad Syaifudin – RadarKediri/JawaPos.com

Sementara itu, Suryo Alam yang juga memberikan sambutan mengatakan, berbagai hal perlul diolah agar potensi pariwisata di Nganjuk bisa berkembang. Termasuk, SDM-nya. “Kabupaten Nganjuk sebenarnya mempunyai potensi pariwisata yang sangat besar. Tentunya harus didukung dengan SDM yang andal pula,” kata pria yang juga anggota komisi X DPR  RI ini.

Untuk diketahui, setelah mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk membantu bidang pertanian dan peternakan, kali ini Suryo Alam ganti fokus mengembangkan bidang pariwisata. Pelatihan Kamis lalu sengaja digelar untuk mengembangkan SDM pelaku pariwisata agar daya saing pariwisata Nganjuk naik.

Digelar mulai pukul 07.30, pelatihan dihadiri ratusan peserta yang merupakan masyarakat sekitar destinasi wisata di Nganjuk, pelaku pariwisata, pelaku UKM pariwisata, masyarakat adat di seputar tempat wisata. Kemudian, tokoh adat dan tokoh agama di Nganjuk.

Kehadiran Kementerian Pariwisata dalam pelatihan itu disambut antusias oleh peserta. Agaknya mereka tak ingin menyia-nyiakan kegiatan yang sangat langka ini. Penjelasan para narasumber dari awal hingga akhir terus disimak oleh para peserta.

Tidak hanya itu, dalam sesi tanya jawab mereka juga memanfaatkan waktu untuk bertanya. Mulai kendala yang dihadapi hingga potensi yang belum tergali. “Kita cari solusinya bersama-sama agar pariwisata Nganjuk berkembang. Tujuan akhirnya untuk kesejahteraan warga Nganjuk,” kata Suryo meminta peserta pelatihan menerapkan ilmu yang didapat di daerah masing-masing.

(rk/baz/die/JPR)

Source link