KRAKSAAN – KPU Kabupaten Probolinggo akhirnya mengumumkan hasil penelitian dan verifikasi administrasi berkas pendaftaran tiga bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati. KPU menyebut, ketiga bapaslon sama-sama belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Negara (LHKPN).

Pengumuman hasil penelitian itu dilakukan di ruang rapat kantor KPU di Kraksaan. Namun, tidak ada satupun dari ketiga bapaslon yang hadir. Mulai bapaslon HATI (P. Tantriana Sari – Timbul Prihanjoko), MMC (Malik Haramain – Muzayyan Badri) dan JADI (Jumanto – Imaduddin). Pengumuman itu hanya dihadiri tim pemenangan ketiga bapaslon.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo H.M. Zubaidi menyebut, ketiga bapaslon belum menyerahkan LHKPN. Syarat ini menurutnya, harus dipenuhi ketiga bapaslon selama tiga hari ke depan.

Bahkan, ketiganya belum menyerahkan surat tanda terima pengajuan LHKPN ke KPK. Sejauh ini, ketiga bapaslon hanya menyerahkan surat, bahwa telah mengajukan LHKPN, tapi belum ada surat tanda terimanya dari KPK.

”Kalau LHKPN sendiri, maksimal H-1 penetapan calon sudah harus diserahkan ke kami (KPU). Dalam masa perbaikan tiga hari ini, paling tidak surat tanda terima dari KPK,” terangnya.

Selain itu, ada sejumlah syarat calon yang masih harus diperbaiki. Seperti perbedaan identitas ijazah dengan identitas asli e-KTP. Perbaikan itu, menurutnya, ditunggu sampai 20 Januari pukul 24.00.

Suhud selaku LO Kabupaten tim pasangan HATI mengungkapkan, syarat calon yang harus diperbaiki, akan segera diperbaiki. Termasuk, sudah ada tim yang mengurus dan koordinasi pengajuan LHKPN ke KPK.

”Nanti kekurangan atau berkas syarat calon yang harus diperbaiki, segera kami penuhi dan serahkan ke KPU. Termasuk LHKPN pasangan Ibu Tantri dan Bapak Timbul,” terangnya.

Abdul Wahab, ketua tim pemenangan MMC mengatakan, LHKPN Malik Haramain dan Muzayyan Badri telah selesai. Sehingga, dalam massa perbaikan ini, tidak hanya surat tanda terima pengajuan LHKPN yang diserahkan, tetapi hasil LHKPN-nya langsung.

Source link