KEDIRI KOTA – Kini ada banyak ruang terbuka hijau yang tersedia di Kota Kediri. Salah satunya adalah Taman Sekartaji. Taman di Jalan Veteran  ini bahkan kian dimintai warga kota. Lokasinya yang strategis membuat taman di dekat Bundaran Sekartaji tersebut semakin hits di kalangan anak muda.

Tidak hanya pelajar saja yang memanfaatkan taman seluas 7 ribu meter persegi tersebut. Keluarga dan komunitas juga banyak yang asyik memanfaatkan fasilitas di Taman Sekartaji. Mulai dari bermain dan berbincang dengan rekan-rekannya. Terlebih, taman tersebut juga dilengkapi fasilitas free wifi.

“Ini memang tujuan Pemkot merevitalisasi Taman Sekartaji agar layak untuk digunakan masyarakat Kota Kediri bersantai,” terang Didik Catur, kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Pertamanan (DLHKP) kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Jika dulunya taman sangat rimbun dan tertutup, kini menjadi lebih terbuka dan bersih. Anak-anak pun bisa memanfaatkannya untuk bermain sepatu roda, menggambar, hingga membaca buku dengan santai. Penyediaan kolam-kolam juga memungkinkan mereka untuk bermain ikan.

Bahkan saking bagusnya, fashion show pun layak dilaksanakan di sana. Seperti acara Dhoho Street Fashion Show yang baru diselenggarakan. Berbagai kegiatan komunitas juga sering digelar meski hanya menggunakan panggung sederhana. Bahkan seringkali tanpa panggung.

“Kami akomodasi seluruh kebutuhan bersosialisasi masyarakat melalui Taman Sekartaji,” tandasnya.

Selain itu, kini juga telah tersedia smoking area. Sehingga para pengunjung yang tidak merokok tidak terganggu. Orang tua pun tidak perlu khawatir anaknya terpapar asap rokok ketika bermain di kawasan taman.

Dari segi keamanan pun semakin diperketat. Ada penjaga taman yang terus bersiaga di sekitar taman sekaligus membersihkannya terhadap sampah-sampah daun-daun dari pohon yang berguguran. Tempat penitipan kendaraan juga dijaga petugas.

Bahkan saat ini sudah disediakan enam titik closed circuit television (CCTV). Sehingga setiap pergerakan pengunjung taman akan terus terpantau. Mereka yang melakukan pelanggaran akan langsung ditegur. Baik yang membuang sampah sembarangan hingga menyalahgunakan taman untuk tindak asusila.

Potensi aksi kejahatan lainnya juga bisa terpantau dari kamera CCTV. Meski demikian dia mengingatkan agar pengunjung taman jangan lengah dalam menjaga harta bendanya maupun anak-anaknya ketika berada di tempat umum.

“Ini upaya kami menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung taman. Meski demikian tetap kerjasama dari masyarakat tetap diperlukan,” pungkasnya.

(rk/dna/die/JPR)

Source link