KOTA – Sebanyak 125 lampu LED (light emitting diode) untuk penerangan jalan umum (PJU) di Kabupaten Jepara dipasang kemarin. Pemasangan dilakukan di beberapa ruas jalan.

Lampu tersebut mengganti lampu lama yang sering mengalami kerusakan. Di antaranya lampu di Jalan Ratu Kalinyamat. Dimulai dari Sungai Kanal sampai perempatan Mantingan. Kemudian mulai dari SMPN 3 Jepara sampai perempuan Tegal Sambi masuk area wisata pantai Teluk Awur.  Selain itu juga dipasang di area timur Stadiun Gelora Bumi Kartini (SGBK). Serta pemasangan mulai dari Tugu Petol sampai jalan masuk Pantai Bandengan. ”Penggantian lampu dari titik terdekat wilayah kota. Selanjutnya menyebar ke daerah pinggiran,” kata Kabid Lalu Lintas Jalan Soleh Sudarsono pada Dinas Pehubungan Kabupaten Jepara.

Lampu tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).  Baru terealisasi pemasangan lampu tahun ini setelah pengajuan proposal awal tahun kemarin. Pengalihan PJU ke jenis LED dipilih karena alasan penghematan energi.

”Lampu sebelumnya 250 watt diganti LED 90 watt. Kalau menggunakan lampu LED ini kan bisa berhemat. Sehingga anggaran yang dialokasikan untuk biaya listrik PJU tentunya berkurang. Karena LED ini sangat hemat bisa 50 persen dibandingkan lampu biasa” imbuhnya.

Sholeh menambahkan, masih ada 125 lampu tenaga surya yang akan dipasang

di ruas jalan Jepara yang belum teraliri listrik PLN. Rencana PJU tenaga surya dipasang mulai dari Sowan Lor sampai Pecangaan, Sowan Kidul sampai Tedunan, Sowan Kidul sampai Surodadi, Kedungmalang sampai Semat, dan beberapa titik di Mayong serta Nalumsari.

”Info dari kementerian, lampu masih dalam tahap lelang. Kami masih menunggu hasilnya. Kalau barang sudah sampai, petugas sudah siap untuk melakukan pemasangan,” terangnya.

Disinggung mengenai pengadaan tambahan tahun ini, pihaknya mengaku fokus pada penataan Karimunjawa. Tahun ini dianggarkan Rp 400 juta. Hal ini dalam rangka menunjang pariwisata di Karimunjawa. “Wilayah darat tidak ada pengadaan karena keterbatasan anggaran. Kami hanya malakukan pemeliharaan. Setidaknya setiap melakukan perawatan dan pemeliharaan ada 25 titik PJU,” ujarnya. 

(ks/war/zen/top/JPR)