PURWODADI – Tiga sekolah yang terdiri dari SMPN 2 Penawangan, SMPN 3 Purwodadi, dan SMAN 1 Geyer serentak menggelar gerakan literasi media. Yakni dengan membaca koran Jawa Pos Radar Kudus bersama. Kegiatan ini sekaligus untuk meramaikan HUT ke-292 Grobogan.

Kegiatan yang digelar di halaman sekolah masing-masing ini, dimulai pukul 06.30. Meski bersamaan dengan hari pertama pelaksanaan mid semester, para siswa tetap menyempatkan untuk membaca koran bersama sejenak.

DIIKUTI ORTU SISWA: Para siswa membaca koran bersama saat kegiatan literasi media di SMPN 2 Penawangan kemarin pagi.
(INTAN M SABRINA/RADAR KUDUS)

”Sebelum kegiatan sempat gerimis. Setelah reda anak-anak langsung menuju lapangan untuk membaca bersama. Gerakan literasi ini penting untuk menggerakkan para siswa agar rajin membaca,” jelas Kepala SMPN 3 Purwodadi Fathurrohim Nashoha.

Sementara di SMAN 1 Geyer, gerakan literasi ini sudah dipersiapkan sejak Jumat (2/3) lalu. Di antaranya dengan memasang banner di depan sekolah. Bahkan, saking antusiasnya, sekolah sampai mengganti pelaksanaan upacara Senin dengan gerakan membaca koran bersama.

Kegiatan literasi memang sudah digencarkan SMAN 1 Geyer sejak lama. Bahkan, sekolah kerap menugasi siswa untuk membuat sinopsis setelah membaca. ”Setiap anak juga memiliki buku jurnal literasi. Literasi ini penting, selain menumbuhkan minat baca, juga menambah pengetahuan siswa dan guru. Jika mereka sudah terbiasa membaca, dapat membangun karakter siswa,” ujar Kepala SMAN 1 Geyer Tri Atmi Sri Minaningsih.

Dengan membaca, para siswa semakin bisa menghargai karya seseorang. Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Jawa Pos Radar Kudus yang memfasilitasi kegiatan ini. ”Intinya anak harus melek media. Dengan gerakan ini, juga membantu siswa mempunyai pemahaman dan pengetahuan yang cukup terhadap isi media. Agar muncul kesadaran kritis dari anak akan informasi yang diberikan media,” imbuhnya.

Sedangkan di SMPN 2 Penawangan, selain siswa dan para guru, gerakan literasi media juga diikuti orang tua (ortu) siswa. Acara yang dilaksanakan sejak pukul 07.00 itu, diawali dengan membaca Alquran 20 juzz oleh 60 siswa. Dilanjut dengan launching Mars SMPN 2 Penawangan; istighotsah; serta pengajian memperingati HUT ke-292 Grobogan, USBN, dan UNBK agar pelaksanaannya sukses dengan hasil yang baik.

”Membaca sangat penting, terutama bagi siswa dan keluarga. Setelah seluruh anak mendapatkan koran, diperbolehkan dibawa pulang. Selanjutnya mereka diberi tugas untuk mengajak tetangga maupun saudaranya membaca, lalu diminta mengisikan di formulir. Hal ini diharapkan mampu menyosialisasikan literasi membaca hingga ke seluruh pelosok daerah dan semua kalangan,” ucap Kepala SMPN 2 Penawangan Agus Prasetyo.

Nantinya pemantauan literasi membaca ini, akan dilakukan selama sepekan. Siswa yang paling aktif membaca akan mendapatkan hadiah dari Kepala SMPN 2 Penawangan secara pribadi. 

(ks/int/lin/top/JPR)