Pelaksanaan malam puncak HUT Kota Tabanan ke – 524 digelar di Lapangan Alit Saputra, Dangin Carik dan diisi dengan berbagai acara. Mulai dari festival kuliner, serta penampilan hiburan dari penyanyi pop Bali. Serta yang paling ditunggu-tunggu penampilan sejumlah pelawak asal Tabanan yang ‘Ketog Semprong’ mengocok perut masyarakat Tabanan.

Staf Bagian Kesra Setda Tabanan, Anak Agung Putu Ngurah mengatakan, pawang hujan atau Tukang Terang yang didatangkan berjumlah tiga orang. Satu orang asal Jawa Timur dan dua orang lainnya berasal dari Banjar Curah, Desa Gubug, Kecamatan Tabanan dan dari Banjar Kebontingguh, Desa Denbantas, Kecamatan Tabanan. “Ya kami harapkan tidak hujan saat malam puncak HUT Kota nanti,” ungkapnya Rabu (29/11) kemarin.

Dirinya menambahkan, para Tukang Terang sudah didatangkan mulai Selasa (28/11) dan hari ini sudah ada di Lapangan Alit Saputra untuk ‘menunda’ apabila hujan turun. Untuk itu segala persiapan sudah dilakukan, baik upakara berupa banten pejati sebagai pelengkap ritual Nerang. Hanya saja Ngurah enggan menyebutkan nominal angka yang diberikan kepada para pawang hujan.

“Itu sifatnya punia, nanti tergantung berapa yang diberikan kepada pihak Tapem (Tata Pemerintahan) selaku panitia malam puncak HUT Kota Tabanan,” paparnya. 

(bx/ras/ima/yes/JPR)

Source link