Ratusan orang berkumpul mengikuti aksi tersebut. Aksi Solidaritas ini merupakan bentuk penolakan Warga Kampung Inggri menolak terorisme dan radikalisme di Indonesia. “Aksi ini adalah bentuk nyata kami menentang terorisme paska tragedi bom di Surabaya kemaren,” kata Agus Tri Winarso salah satu anggota FKB.

Aksi tersebut berlangsung khidmat. Dimulai dengan doa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjut dengan orasi budaya tentang bahaya terorisme.  Selain itu ada juga musikalisasi puisi tentang cinta dan perdamaian serta lagu Indonesia Pusaka yang semakin menambah spirit cinta bangsa para peserta aksi. Ditambah lagi nyala lilin memenuhi pinggiran bantaran sungai menjadikan aksi solidaritas ini memiliki nilai artistik.

Penyampaian orasi oleh salah satu angota aksi
(SUSIAN NURCAHYANA – JawaPos.com/RadarKediri)

Menariknya aksi solidaritanya ini diikuti oleh berbagai macam elemen masyarakat. Mulai dari yang berbeda agama dari Ada islam, Nasrani, Hindu Budha menjadi satu khidmat dalam aksi ini. Ada juga dari berbagai suku seperti Minang, Jawa, Madura, Bugis, Ambon dan masih banyak lagi. Pada akhir aksi para peserta meneriakan ikrar Pesan moral Cinta damai untuk Indonesia Raya kemudian dilanjut dengan foto bersama.

(rk/*/die/JPR)

Source link