Ketua KPU Sidoarjo HM Zainal Abidin mengatakan jumlah pendaftar totalnya mencapai 1.454. Jumlah itu diseleksi tinggal 1.047 karena kuotanya memang sebesar jumlah tersebut. “Jadi yang tidak lolos seleksi sekitar 407 peserta,” ujarnya, Senin (13/11).

Zainal mengatakan peserta yang lolos seleksi tersebut setelah melalui tahapan tes tulis, wawancara, kemudian juga hasil koordinasi dengan pihak desa. “Sekalipun ada rekomendasi dari pejabat desa, kalau nilai tes tulis maupun wawancaranya tidak memenuhi standar yang ditentukan, ya tidak lolos,” katanya.

Selain itu, ada persyaratan lain yang diterapkan. Yakni PPS yang sudah dua periode menjabat tidak boleh mendaftar lagi. “Ada juga yang sudah dua periode pernah jadi PPS tapi ikut tes lagi. Itu tidak kami perkenankan. Kita gunakan yang belum pernah ikut,” imbuhnya.

Zainal berharap dengan terseleksinya PPS ini, diharapkan mendongkrak partisipasi pemilih pemula dalam pemilu. Diungkapkan, jumlah 1.047 tersebar di 349 desa/kelurahan di Sidoarjo. Nantinya masing-masing desa yang bertugas tiga orang.

“Dengan terlibat langsung, maka pemilih pemula bisa lebih semangat berpartisipasi dalam pemilu,” pungkasnya. (mus/jee)

(sb/rek/rek/JPR)

Source link