27 CCTV Pantau Titik Rawan Kejahatan – Radar Bojonegoro

DIPANTAU: Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono menunjukkan monitor pemantau CCTV di sejumlah titik yang rawan laka dan kejahatan.
(Yudha Satria Aditama/Jawa Pos Radar Tuban)

TUBAN – Mengantisipasi meningkatnya angka kriminalitas selama musim mudik, sebanyak 27 closed circuit television (CCTV) disiagakan. Kamera pengintai yang sudah terintegrasi dengan dinas perhubungan (dishub), polres, dan pos pelayanan mudik tersebut dipasang di sejumlah titik rawan kejahatan dan kecelakaan lalu lintas.

Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono mengatakan, kamera tersebut diutamakan dipasang di sejumlah jalan protokol dan jalur pantura. Seperti di sepanjang jalan Tuban – Bulu, Jalan Basuki Rachmad, Jalan RE Martadinata, perempatan Patung Letda Sucipto, dan titik-titik lain yang tersembunyi. Selebihnya dipasang di tempat yang biasa dilewati para pelaku kejahatan. ‘’Kamera-kamera ini mata dan telinga kami,’’ tutur Nanang.

Perwira kelahiran Bojonegoro ini  memastikan kapasitas kamera tersebut mampu melihat detail wajah seseorang hingga nopol kendaraan yang melintas. Kemampuan kamera pengintai ini sangat membantu polisi dalam mengungkap dan mendeteksi pelaku kejahatan yang melintas. Mulai dari pencurian rumah kosong, pencurian dengan kekerasan, dan curanmor. ‘’Tidak akan ada tempat sekecil apa pun bagi pelaku kejahatan,’’ tegasnya.

Dengan persiapan tersebut, dipastikan para pemudik yang melintasi Tuban akan aman. Selain pengawasan tersebut, polisi juga menerima aduan 24 jam nonstop. Baik melalui telepon maupun di posko mudik. Untuk pos mudik, polres setempat mendirikan pada lima titik. Rinciannya, pos pelayanan di rest area dan  pos pantau di Desa/Kecamatan Rengel. Untuk pos pengamanan di Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Pantai Boom, dan Desa/Kecamatan Widang. 

Pada pos-pos yang dibuka mulai kemarin (8/6) hingga Minggu (24/6), warga maupun pemudik bisa melaporkan jika menemukan tindak kriminalitas maupun kecelakaan. Tak hanya itu. Polres juga berencana membentuk tim Macan Ronggolawe, yang khusus menindak pelaku kejahatan secara mobile dengan mobil dan motor trail.

(bj/yud/ds/bet/JPR)

Source link