3 Fraksi Tak Dapat Jatah – Radar Surabaya

Informasi yang berhasil dihimpun, sejumlah pimpinan partai politik (parpol) yang ada di Gresik sudah melakukan komunikasi intensif untuk penataan jabatan di AKD dewan. Hasilnya, untuk Ketua Komisi I rencananya bakal dijabat Fraksi Demokrat, Ketua Komisi II dari Fraksi PDIP, Ketua Komisi III dari Fraksi Golkar serta Komisi IV dari Fraksi PPP.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Gresik Mujid Ridwan mengaku, belum tahu menahu terkait susunan jabatan di masing-masing AKD. Sebab, untuk saat ini pembahasannya baru terkait usulan nama-nama yang akan menempati masing-masing AKD. “Belum tahu, masih tahap penyerahan susunan nama di AKD,” ujarnya.

Dikatakan, untuk batas waktu penyerahan nama dilakukan hingga Jumat, hari ini. Kemudian, pada Sabtu mendatang akan dilakukan rapat paripurna untuk dilakukan pengumuman nama-nama tersebut. “Baru setelah itu dilakukan pemilihan dimasing-masing komisi untuk menentukan jabatan Ketua, Sekertaris dan Wakil Ketua,” ungkap dia.

Sementara itu, Sekertaris Fraksi PKB DPRD Kabupaten Gresik Sujono mengungkapkan, belum ada susun menyusun jabatan di AKD. Selain itu, pihaknya juga menyebut isu PKB ditinggal itu tidak benar. “Belum ada, sesuai hasil komunikasi awal kita sudah sepakat untuk pembagiannya proporsional sesuai perolehan kursi di dewan,” ujarnya.

Dikatakan, dengan sistem proporsional ini maka secara otomatis akan dapat semuanya tetapi sesuai dengan jumlahnya. Jadi, tidak ada fraksi yang kursinya sedikit kemudian dapat jabatannya lebih banyak dibandingkan fraksi yang jumlah kursinya banyak. “Ini dilakukan untuk menjaga kekompakan,” terang dia.

Ditambahkan, pada Sabtu mendatang pihaknya bakal kembali melakukan komunikasi dengan fraksi-fraksi yang lain. Sehingga, untuk informasi adanya saling tinggal meninggal itu tidak benar. “Sabtu kami komunikasikan lagi,” pungkasnya. (rof/ris)

(sb/rof/ris/JPR)