90 Persen Bahan Berasal Dari Limbah Kertas – Radar Surabaya

SEPERTI yang dilakukan Erma Suryani komposisi kerajinan APE miliknya 90 persen berasal limbah kertas. Selain itu juga ada lem dan aksesoris tambahan yang membuat cantik permainan. “Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan,” ujarnya.

Menurut dia, dengan bahan limbah kertas dirinya bisa mengahasilkan berbagai mainan APE. Di antaranya, karakter, transportasi, hewan, dan berbagai produk lain sesuai pesanan pelanggannya. “Biasanya untuk Taman Kanak-Kanak yang banyak,” papar dia.

Menurut Erma, mengumpulkan limbah kertas sendiri tidaklah sulit. Ia bisa mendapatklan limbah dari bank sapah setempat, pengepul limbah koran hingga sisa kertas di tempat foto copy. “Awalnya hanya ingin membuatkan anak sendiri, tapi ternyata sangat diminati,” lanjut dia.

Selain APE, dirinya juga bisa mengolah limbah kertas menjadi miniatur. Mulai becak, sepeda hingga miniatur mobil. Memproduksinyapun tak sulit, dengan cara melakukan pelintingan pada sisa-sisa kertas. “Kemudian diberikan bahan lem untuk perekat, selanjutnya dibentuk sesuai dengan konsep miniatur yang dinginkan,” terang dia.

Hal ini juga dilakukan Achmad Amaluddin. Hasil kerajinan dari limbah kertas tersebut banyak diminta masyarakat  dari  berbagai kota. Sebab, untuk  kerajinan miniatut, khususnya untuk bahan ajar dan dekor ruangan harganya mahal. “Tapi karena kita olahannya dari kertas limbah, jadi lebih murah jualnya. Kalau kebanyakan, produksi minatur ini sendiri dibuat dari plastik,” lanjut dia.

Ia menyebut, untuk harganya sendiri hanya berkisar Rp 150 ribu hingga Rp 450 ribu. Harga itu sendiri, sangat jauh dibandingkan dengan produk minatur buatan luar negeri. Padahal, bila dibandingkan sama kualitasnya karen ajuga dikuatkan dengan lem sebagai perekat. “Peluang ini sangat berpotensi,  jadi bisa menghasilkan sumber penghasilan dan inovasi sendiri. Hanya saja butuh ketelatenan lebih untuk produksinya, bisa tiga minitaur dalma satu hari. Kalau produk impor kan bisa produksi banyak sekaligus,” imbuhnya. (est/rof)  

(sb/est/ris/JPR)