Acara Spektakuler Mbatu Unite Festival – Radar Solo

Jauh hari menjelang tutup 2017, sejumlah pemuda penggagas Baretno telah menunjukkan bahwa mereka memiliki kreativitas. Mereka membuat sebuah video testimoni dari sejumlah sejumlah artis, seperti Roy Marten, Indra Herlambang, Indra Bekti, Ruben Onsu, dan Titik Puspa. Artis-artis tersebut mengajak masyarakat untuk hadir dalam Mbatu Unite Festival. “Kami bikin video, lalu disebar di media-media sosial,” kata Adefian Fadhar Dwi Ananta, salah satu panitia Mbatu Unite Festival. 

Selain artis, tokoh-tokoh sentral di Wonogiri seperti Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa dan Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno juga dibuat video. Tokoh-tokoh ini juga mengajak masyarakat untuk hadir dalam Mbatu Unite Festival. 

“Jauh-jauh hari sudah kami persiapan dengan matang, kita publish di media sosial baik intsagram, facebook dan lainnya. Termasuk imbauan-imbauan dari keamanan, para pendukung acara juga kita sebar melalui media sosial,” katanya. 

Mbatu Unite atau Mbatu Bersatu adalah sebuah acara yang digelar oleh pemuda-pemuda dari berbagai karang taruna di Baturetno. Tujuannya memang mempersatukan ide, gagasan dan kreatifitas menyemarakan malam pergantian tahun. 

“KAmi modalnya dari berjualan kaos, sejumlah 1.600 buah. Keuntungan dari penjualan kaos digunakan untuk menggelar berbagai acara. Selain berjualan kaos, kita juga jual penjualan tiket jalan sehat, seharga 5 ribu  dengan jumlah 5.000 tiket. Sampai kurang-kurang,” katanya. 

Rangkaian acara melepas 2017 ini diawali dengan jalan sehat pada Minggu (31/12) pagi. Setidaknya 2 ribu warga tumpah ruah di jalan di sekitar Pasar Baturetno. Hadiah utama sebuah sepeda motor menjadi magnet tersendiri bagi warga Baturetno dan sekitarnya. 

“Lalu ada senam sehat dilanjutkan dengan parade band hingga Minggu sore (31/12). Dilanjutkan pertunjukan barongsai, tari kolosal dan aksi polisi cilik,” katanya. 

Pada malam harinya acara diawali dengan kirab budaya yang menampilkan kreativitas warga. Berbagai pentas kesenian juga mewarnai malam pergantian tahun seperti penampilan musik tradisional asal Kalimantan. 

“Malamnya ada prosesi ruwatan Mbatu yang dipimpin oleh sesepuh. Dengan maksud rasa syukur yang telah di berikan di tahun 2017 baik kesehatan keselamatan dan rezeki. Ada doa agar di tahun 2018 Mbatu bisa lebih baik untuk semua warganya, ada sedekahan gunungan dan jajanan pasar yang  kemudian setelah selesai doa menjadi rebutan penonton yang hadir,” katanya. 

Berkat dukungan berbagai pihak baik warga, seluruh pemuda di Kecamatan Baturetno, Pemerintah baik Kabupaten dan Kecamatan serta pihak keamanan TNI dan Polri secara umum acara Mbatu Unite berjalan dengan lancar. Warga begitu antusias melepas 2017 dan menyambut 2018 dengan berbagai harapan positif.

(rs/bay/bay/JPR)