Ahmad Resmi Jadi Anggota DPRD Gantikan Iskandar – Radar Madura

Herman menjelaskan bahwa sidang istimewa itu dilaksanakan dengan mengacu pada diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur Nomor 171.435/151/011.2/2018 tentang peresmian pemberhentian anggota DPRD Sumenep dari Fraksi PAN H Iskandar. Kedua, diterbitkannya SK Gubernur Jawa Timur 171.435/152/011.2/2018 tentang peresmian PAW anggota DPRD Sumenep Ahmad dari Fraksi PAN.

”Ini semua merupakan dasar dan pedoman bagi badan musyawarah untuk menyelenggarakan sidang paripurna istimewa dengan acara pengucapan sumpah atau janji PAW anggota DPRD Sumenep 2014–2019,” kata Herman.

Dia menjelaskan, sesuai peraturan tatib DPRD Sumenep Nomor 1 Tahun 2014 tentang tatib DPRD Sumenep sebagaimana diubah Nomor 2 Tahun 2015 pasal 8 ayat 2 menyebutkan bahwa anggota DPRD antarwaktu sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah yang dipandu ketua atau wakil ketua DPRD. Masa jabatan Ahmad sebagai anggota DPRD melanjutkan sisa masa jabatan anggota yang diganti. ”Anggota DPRD hasil PAW menduduki tempat anggota komisi yang diganti,” tambahnya.

Sementara itu, usai dimintai sumpah, Ahmad mengaku akan menyesuaikan dengan kerja-kerja legislatif yang selama ini berjalan. Dia juga siap melanjutkan program-program yang dilaksanakan dewan yang digantikan. ”Pada pokonya begini, almuhafadzatu alal qodimis sholeh, wal ahdzu bil jadidil ashlah. Yang jelek-jelek kita tinggalkan, yang baik-baik kita lanjutkan,” tukasnya.

(mr/mam/han/bas/JPR)