Tak kurang 50 pegiat serta pemerhati orang dengan HIV/AIDS (ODHA) ini membagikan 300 bunga dan selebaran berisi ajakan menanggulangi serta mencegah penyakit HIV/AIDS. Mereka mengajak agar masyarakat menjauhi penyakitnya bukan penderitanya.

Hal ini dikatakan salah satu aktivis pemerhati ODHA, Endah Sri Wahyuningsih yang juga anggota DPRD Pati Komisi D. ”Kami mengedukasi masyarakat untuk mengetahui penyakit HIV/AIDS. Pencegahan serta penanggulangannya. Kami juga menegaskan agar masyarakat menjauhi penyakitnya bukan penderitanya,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Aksi ini diikuti beberapa ormas. Diantaranya, Aliansi Remaja Independen, Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada, dan juga Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI POLRI (FKPPI).

Menurutnya, sampai saat ini stigma masyarakat terhadap ODHA masih negatif. Tak jarang, masyarakat enggan untuk berdekatakan dengan mereka. Itu yang sangat disesalkan. Lanjutnya, kasus HIV/AIDS di Kabupaten Pati tergolong tinggi.

Data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pati menunjukkan, dari 1996 hingga Oktober tahun ini kasusnya terus meningkat pesat. Totalnya mencapai 1.193, sedangkan korban yang meninggal 164 jiwa.  Data ini menyebabkan, Kabupaten Pati menduduki peringkat lima besar kasus HIV/AIDS se-Jawa Tengah 2017.

Sebagai unsur pemerintahan, lanjut  Endah Sri Wahyuningsih, pihaknya terus berupaya mendorong untuk menekan angka ODHA. ”Beberapa waktu lalu kami bertemu dengan ormas perempuan, Fatayat dan Aisyiah. Kaitannya dukungan adanya regulasi berupa peraturan daerah ataupun peraturan bupati mengenai pencegahan serta penanggulannya. Saya harap pada 2018 terealisasi. Itu salah satu upaya kami,” imbuhnya.

Sementara itu, kordinator lapangan (korlap) aksi peringatahan Hari AIDS sedunia 2017 Arif Bani Ikhwan mengungkapkan hal yang sama. Yakni mengedukasi cara pandang masyarakat tentang HIV/AIDS.

”Kami juga berharap, pemerintah memberikan layanan kesehatan yang baik pada para penderita. Seperti layanan tanpa stigma dan diskriminasi,” imbunya. (aua)

(ks/him/top/JPR)