Akademi Komunitas Negeri (AKN) ditargetkan bisa mandiri – Radar Semarang

Ketua pelaksana AKN Demak Fair, Sugiharto mengatakan, target mandiri sepenuhnya sebagaimana tenggat waktu yang diberikan pemerintah. “AKN harus bisa mandiri pada 2019,” tegasnya.

Menurutnya, keberadaan AKN di Demak cukup strategis sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memperoleh keterampilan yang dibutuhkan.

Dalam kegiatan Demak Fair kemarin, AKN memamerkan program studi desain grafis, jasa pariwisata dan teknik kendaraan ringan. “Melalui pameran ini, kita kenalkan kepada masyarakat potensi yang ada di AKN,” katanya.

Pameran berlangsung hingga 24 Februari mendatang. Untuk meramaikan pameran ini, digelar lomba poster teknologi ramah lingkungan untuk mendukung pariwisata Demak. Pameran AKN yang mengusung tema The New Youth Creator and Inventor ini sendiri diikuti sebanyak 128 siswi SMK, SMA, dan MA yang ada di Demak.

Koordinator AKN Demak, Dr Trisyono mengatakan, AKN untuk tahun ajaran 2018-2019 telah membuka pendaftaran mahasiswa baru. “Karena itu, melalui pameran ini, AKN lebih dikenal masyarakat,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Anjar Gunadi menyampaikan, pembiayaan operasional AKN hingga kini masih ditanggung APBD serta Dikti.

“Semua fasilitas yang ada sudah memadai. Meski demikian, diharapkan ada kepedulian pihak lain melalui program CSR (corporate social responsibility),” tandasnya.

(sm/hib/bas/JPR)