Aktivitas Vulkanik Adalah Siklus Alam yang Harus Dihormati – Bali Express

Joshua Greenrock mengaku tak takut diving di Tulamben meskipun aktivitas vulkanik Gunung Agung masih level Awas. Menurutnya erupsi gunung api merupakan siklus alam yang wajib dihormati dan tidak perlu ditakuti.

“Kami tidak takut, erupsi itu adalah aktivitas vulkanik yang merupakan siklus alam yang harus dihormati.  Biarkan alam bekerja secara alami,” ujar Joshua Greenrock yang mengaku asal Texas ini.

Joshua pun tidak mempermasalahkan dengan adanya penutupan Bandara Internasional Ngurah Rai.  Bahkan ia menyebut negaranya Amerika Serikat belum mengeluarkan Travel Advisory akibat erupsi vulkanik Gunung Agung.

“Kami tak mempermasalahkan penutupan bandara. Negara kami (USA,  Red)  belum mengeluarkan Travel Advisory. Jadi tetap menikmati Bali yang indah,” katanya.   

Seperti dikertahui, hingga kini Bandara Ngurah Rai masih tutup akibat abu vulkanik. PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) juga menetapkan status Gunung Agung pada level IV (Awas). Meningkatnya status Gunung Agung menjadi Awas yang disertai dengan erupsi membuat Obyek Wisata Tulamben kembali sepi pengunjung. Meskipun obyek yang berlokasi di Desa Tulamben,  Kecamatan Kubu, ini belum ditutup lantaran berada di radius 12 kilometer. Namun angka kunjungan wisman mengalami penurunan yang sangat drastis.

Lesunya tingkat kunjungan  diakui oleh penjaga loket karcis obyek Tulamben Gede Sutapa.  Jika situasi normal,  dalam sehari dirinya bisa menjual sebanyak 50 karcis. Namun saat ini hanya mampu menjual 3 karcis saja.

“Pengunjungnya sepi yang mau diving, karena dampak Gunung Agung statusnya naik ke level Awas. Biasanya kalau normal dalam sehari ada 50 turis yang diving. Sekarang paling tiga sampai lima pengunjung saja,” ujar Sutapa, Rabu (29/11).

(bx/dik/yes/JPR)

Source link