Alat Kampanye Bergerak bakal Ditertibkan – Radar Jember

Hal ini sempat menjadi perdebatan di kalangan tim pemenangan bersama KPU dalam rapat koordinasi beberapa pekan lalu. Namun, belum ada kesepakatan. Juga tidak dibahas lebih detail. Sehingga, APK bergerak lewat dari kesepakatan.

Namun, belakangan ini, APK bergerak mulai banyak sorotan. Selain karena desainnya tidak sesuai dengan ketentuan KPU, juga dianggap tidak ada aturan dalam PKPU itu sendiri. Makanya, KPU dan panwas bakal melakukan evaluasi.

M. Ridhol Mujib SE, divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Lumajang mengakui, sejatinya APK bergerak tidak diatur. “Tidak ada, jadi tidak ada aturan yang mengatur APK Bergerak,” jelasnya. Sebab, sudah jelas bahwa APK itu dalam bentuk baliho dengan ukuran yang sudah ditentukan. Sebagaimana yang telah difasilitasi KPU atau yang digandakan oleh masing-masing paslon.

Makanya, pihaknya sempat mengupayakan berkoordinasi dengan tim kampanye. Tujuannya untuk meminta kesepakatan. Hasilnya, prinsipnya mereka tidak mau diatur detail. Namun, situasi berkembang seperti sekarang ini dan akan dilakukan upaya lagi. “Kita ingin membuat kesepakatan-kesepakatan. Misalnya ada pembatasan ternyata tim kampanye tidak mau. Ya sudah berarti di luar yang diatur oleh PKPU, berarti berpotensi melanggar,” katanya.

Dengan begitu, tidak boleh APK bergerak itu terus-terusan beredar. “Kalau kita melihat pun, itu tidak sesuai dengan ukuran. Bahkan materinya dan mungkin desainnya juga sudah tidak sama dengan ketentuan,” pungkasnya.

(jr/fid/ram/das/JPR)

Source link