Anggarkan Rp 900 Juta untuk Rehabilitasi PJU – Radar Madura

Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang Eko Hariyanto membenarkan anggaran rehabilitasi PJU tahun lalu tidak terserap seratus persen. Sebab, kerusakan PJU tidak banyak.

Bahkan, kata dia, kerusakan PJU menurun dibandingkan 2016. ”Anggaran 2017 sisa Rp 400 juta. Dana itu akan dimanfaatkan untuk rehabilitasi PJU tahun ini,” ucapnya kemarin (23/1).

Dia menjelaskan, tahun ini pihaknya mem-plotting anggaran rehabilitasi PJU lebih tinggi daripada 2017. Sebab, jika dana yang dialokasikan lebih kecil, khawatir mengalami defisit anggaran. Apalagi saat ini jumlah PJU di Kota Bahari bertambah.

Untuk itu, anggaran pemeliharaan PJU dinaikkan dari Rp 800 juta menjadi Rp 900 juta. Dana ratusan juta tersebut akan dimanfaatkan setelah sisa PJU 2017 habis. ”Kebutuhan peralatan dan bahan untuk pemeliharaan PJU tahun lalu masih mencukupi hingga triwulan pertama. Kemungkinan anggaran 2018 akan digunakan pada triwulan kedua,” jelas Eko.

Anggota Komisi I DPRD Sampang Syamsul Arifin menyatakan, anggaran pemeliharaan PJU seharusnya disesuiakan dengan realisasi tahun sebelumnya. Tujuannya, agar program tersebut tidak terkesan pemborosan anggaran.  ”Anggaran besar harus diimbangi dengan kinerja maksimal,” ujarnya.

Menurut dia, biaya pemeliharaan PJU bergantung pada kebutuhan dan perbaikan kerusakan yang tidak terduga. Meskipun begitu, anggaran harus direalisasikan dengan baik. ”Dishub masih kurang tanggap untuk segera memperbaiki PJU rusak,” sebut Syamsul Arifin.

(mr/nal/hud/han/bas/JPR)