Antisipasi Pelanggaran Disiplin, Polisi Terjaring Razia – Radar Kudus

KOTA – Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Kudus menggelar razia dengan sasaran petugas polisi. Tujuannya, menegakkan ketertiban dan kedisplinan terhadap personel jajaran polres maupun polsek yang hendak mengikuti apel jam pimpinan kemarin. Satu petugas berhasil terjaring razia.

Razia yang dilakukan di halamam Mapolres Kudus itu dipimpin langsung Kasi Propam Polres Kudus Ipda TM. Efendi. Ditemani bagian Propam lainnya, mereka memeriksa kelengkapan identitas. Mulai kartu tanda penduduk (KTP), kartu tanda anggota (KTA), Surat Izin Mengemudi (SIM), surat-surat kendaraan hingga sikap tampang setiap anggota Polri maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) Polres Kudus.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning melalui Kasi Propam Ipda TM. Efendi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk fungsi pembinaan serta untuk meminimalisasi penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan anggota Polri. ”Sasaran kami, seluruh anggota Polri dan ASN baik berpangkat perwira ataupun Bintara kami periksa semua,” tegasnya.

Dia melanjutkan, razia yang digelar selama satu jam itu tidak ditemukan pelanggaran yang dilakukan anggota Polri maupun ASN. ”Hanya saja tadi ada anggota yang sikap tampangnya kurang rapi. Tapi langsung kami tegur dan suruh merapikan dengan pisau cukur yang telah kami sediakan,” ungkapnya.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengatakan, razia tersebut dilaksanakan untuk menciptakan anggota Polri yang disiplin dan Promoter (profesional, modern, dan terpercaya), sehingga anggota Polri dapat menjadi teladan bagi masyarakat. ”Kegiatan itu untuk menegakkan kedisiplinan anggota, sehingga tidak ada pelanggaran disiplin yang dilakukan anggota,” katanya.

(ks/ruq/lil/top/JPR)