Antisipasi Tanah Longsor – Radar Solo

Penanaman dilakukan bersama oleh sejumlah elemen masyarakat dan relawan di Karanganyar dengan jajaran Polri dan TNI tersebut sengaja difokuskan ke wilayah Karangpandan, tepatnya di Dusun Buntung, Desa Gerdu. Lantaran di lokasi tersebut sebanyak 23 kepala keluarga (KK) diketahui menjadi langganan korban bencana longsor. Sehingga pihak dari pemerintah sendiri memberikan bantuan uang tunai Rp 10 juta untuk masing-masing KK. Sebagai langkah penanganan relokasi secara mandiri.

“Fokus kami memang di lokasi-lokasi yang memang membutuhkan perhatian untuk mitigasi bencana. Karena kelak, lambat laun ancaman longsor akan terus mengintai warga. Karena kontur tanahnya berada di lokasi pengunungan,” jelas Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Hendro Prayitno.

Diungkapkan Hendro, sampai sejauh ini pemetaan terhadap daerah rawan longsor terus dilakukan oleh BPBD terhadap sejumlah lokasi di Karanganyar. Dimana diketahui sebelumnya enam kecamatan di Karanganyar terdeteksi rawan longsor. Di antaranya Kecamatan Jenawi, Kerjo, Ngargoyoso, Karangpandan, Matesih, dan Jatiyoso.EWS masih kami pasang di lokasi-lokasi rawan longsor,” ujarnya.

(rs/rud/bay/JPR)