Antisipasi Tawuran, Polisi Sita Ratusan Miras – Radar Kudus

 KOTA – Pengamanan Natal 2017 dan malam tahun baru 2018 terus digencarkan personel kepolisian. Terutama merazia miras, premanisme, hingga petasan. Bahkan kemarin, puluhan anggota Sat Sabhara Polres Pati merazia dua lokalisasi terbesar di Kecamatan Margorejo, Pati.

Pada razia itu dilaksanakan pukul 09-00 hingga 11.00. Sebanyak 33 personel dikerahkan. Kali pertama merazia lokalisasi Kampung Baru (KB). Di sana, ada tiga warung yang dirazia, yakni milik Sulasih, warga Demak, Darno, 44, warga Margorejo, Pati, dan Parwi, 41, warga Dukuhseti, Pati.

Di warung milik Sulasih diitemukan 24 botol anggur kolesom, 12 anggur merah, dan whisky 24 botol. Sementara itu di warung milik Darno ditemukan 12 anggur merah dan anggur kolesom ada 48 botol. Sedangkan di warung Parwi ditemukan anggur kolesom sebanyak 29 botol, anggur merah ada 17 botol, 2 botol congyang, dan 5 botol vodka.

Setelah merazia lokalisasi KB, personel kepolisian bergeser di lokalisasi Lorong Indah (LI) yang tidak jauh dari lokalisasi KB Kecamatan Margorejo. Di LI hanya merazia satu warung milik Mastur, 57, warga asli Kudus. Di warung itu diitemukan 66 botol vodka, 90 botol congyang, dan 48 botol anggur merah.

“Razia miras ini sebagai upaya cipta kondisi menjelang perayaan tahun baru. Perayaan malam pergantian tahun itu disambut masyarakat dengan suka cita. Namun kerap terjadi tawuran yang disebabkan karena miras. Minuman memabukkan itu sering menjadi penyebab banyaknya keributan yang terjadi,” kata Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan didampingi Kasat Sabhara AKP Sugino kemarin.

Miras menjadi penyebab tawuran dan mengganggu konsentrasi masa sehingga merusak suasana tahn baru. Selain itu, razia premanisme dan kejahatan curat juga kerap terjadi pada Natal dan perayaan tahun baru. Maulana berharap perayaan malam tahun baru ini berlangsung aman.

Selanjutnya, ratusan botol miras disita kepolisian. Untuk pemilik warung atau pelakunya, ditindak pidana ringan (tipiring). Para pemilik warung itu sudah diproses untuk penyidikan tipiring. Kedepan, pihaknya akan terus merazia miras supaya kapok.

(ks/put/him/top/JPR)