Awal Tahun, Harga Cabai Kembali Normal, Ini Rinciannya – Radar Kudus

KOTA – Harga cabai, baik jenis cabai merah, dan rawit, mengalami lonjakan yang cukup tinggi, saat jelang momen tahun baru kemarin. Namun kini, harga cabai mengalami penurunan dan cenderung stabil harganya.

Imam salah satu pedagang bahan pokok seperti cabai yang berada di Pasar Rogowongso menuturkan, harga sudah mulai stabil beberapa hari belakangan. Berbeda dengan saat jelang tahun baruan. ”Hargai cabai merah sampai Rp 38 ribu per kilogram, cabai rawit Rp 32 ribu per kilogram,” terangnya kepada Jawa Pos Radar Kudus kemarin.    

Sekarang, kata Imam, harganya sudah turun, dan cenderung stabil. Cabai merah kini Rp 32 ribu per kilogramnya, sementara cabai rawit harganya berada di kisaran Rp 30 ribu per kilogram.

Hal senada juga diungkapkan Nadiroh, salah satu pedagang bahan pokok seperti cabai mengatakan, beberapa waktu yang lalu, tepatnya saat momen tahun baru, harga kebutuhan pokok seperti cabai memang melonjak. Tapi kini, harga cabai mulai normal kembali dan cenderung stabil.

”Saat ini beberapa harga pokok memang telah stabil, pasca tahur baru langsung harga turun. Tanggal 2 Januari harga mulai masuk stabil,” terangnya di sela-sela melayani pembeli siang itu.

Meskipun begitu, lonjakan dan kestabilan harga ini tak mengakibatkan konsumen menjerit. Sebab kenaikan di rasa memang masih wajar. Penurunan harga dan kestabilan harga ini, lanjut Nadiroh, disebabkan karena jumlah panenan yang mulai banyak. Rata-rata bahan pokok seperti cabai dan sejumlah sayuran ini dipasok dari Juwana, Rembang dan Bandungan Semarang.

”Tak ada perubahan yang berarti saat harga melonjak, daya beli juga masih sama seperti umumnya,” tuturnya.

(ks/aua/him/top/JPR)