Awasi Ujian Berpakaian Adat – Radar Kudus

HARI pertama ujian nasional kertas dan pensil (UNKP) di Sekolah Luar Biasa (SLB) B YPLB Danyang diwarnai suasana peringatan Hari Kartini. Guru mengawasi ujian dengan mengenakan pakaian adat.

Sebelum ujian, sekitar pukul 07.00 mereka melaksanakan upacara peringatan Hari Kartini dengan sederhana. Upacara berlangsung di ruang kelas akibat di luar gerimis. Upacara ini diikuti seluruh siswa dan guru.

”Anak-anak antusias, bahkan persiapan dari pukul 05.00. Mereka antre untuk dirias. Meski begitu, kegiatan ini tak mengganggu berlangsungnya UNKP. Karena ujian baru dilakukan pukul 10.30,” papar Kepala SLB B YPLB Danyang Rudy Arifianto.

Menurutnya, hal itu penting untuk mengenalkan jiwa nasionalisme kepada anak berkebutuhan khusus ini. Sehingga mereka terbiasa dan mengingat kembali sosok pejuang.

”Setelah upacara mereka enggan pulang lagi ke rumah. Sehingga kami meminta mereka belajar lagi sembari menunggu waktu ujian,” ujarnya.

Ketiga siswa yang mengikuti UNKP ini tunarungu. Sehingga mereka tidak perlu kertas braille. Mereka membaca soal sendiri.

Sedangkan di Kudus ada enam siswa yang mengikuti UNKP. Enam siswa tersebut yaitu tiga dari Yayasan Pengasuh Anak Luar Biasa (YPALB) SLB Sunan Muria, Kecamatan Dawe dan tiga orang dari SLB Kaliwungu, Kudus. Mereka akan menjalani ujian nasional selama empat hari yang meliputi empat mata pelajaran.

Diana Marthasari, kepala SLB Sunan Muria mengatakan, pelaksanaan tes siswa SMPLB tidak berbasis komputer. ”Di sekolah kami ada tiga siswa yang mengikuti UNKP. Sedangkan 11 siswa lainnya hanya ikut ujian sekolah,” ucapnya.

Terpisah, Supar, kepala SLB Kaliwungu mengungkapkan, ada delapan siswa yang mengikuti ujian. Namun, yang ikut UNKP hanya tiga siswa dari kelas B. Sementara siswa lainnya dari kelas C mengikuti ujian sekolah.

”Mereka memiliki hambatan pendengaran, jadi untuk membantu kesulitan pengerjaannya didampingi satu-satu. Namun, bagi yang sudah bisa kami biarkan mandiri. Meskipun begitu semuanya bisa teratasi dan ujian berjalan lancar,” ucap Supar. 

(ks/int/ela/ris/aji/JPR)