Bangil Macet, Pengguna Tol Gempol-Pasuruan Melonjak – Radar Bromo

PANJANG: Kendaraan yang mengular di pintu masuk Tol Gempas di Rembang Kamis (30/11).
(Rizal F Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

BANGIL – Adanya kemacetan yang kerap terjadi di Bangil beberapa hari terakhir imbas perbaikan rel kereta api (KA) jadi berkah tersendiri bagi pengelola tol Gempol-Pasuruan. Tercatat, sebulan terakhir, volume kendaraan yang melintasi ruas tol Gempol-Pasuruan naik hingga 10 kali lipat. 

Kepadatan arus lalu lintas di ruas tol Gempol-Pasuruan itu terpantau mulai pagi, siang, sore hingga malam. Lonjakan penumpang itu terjadi di dua seksi. Yakni seksi Gempol-Bangil dan Bangil-Rembang. 

“Kenaikan volume sebulan terakhir ini mencapai 10 kali lipat dari hari normal biasanya. Penyebabnya imbas dari kemacetan yang ada di Bangil dan Raci,” terang Humas PT. Transmarga Jatim Pasuruan, Rudi Purwanto.

Dengan jalur reguler yang macet, para pengguna jalan pun akhirnya banyak yang memanfaatkan lewat jalan tol Gempas yang sudah difungsikan. 

Dari catatan pengelola tol setempat, awalnya rata-rata kendaraan yang melintas di tol Gempas seksi 1 dan 2 itu hanya berkisar 450 kendaraan saja per hari. 

Nah, sebulan terakhir ini, melonjak hingga 4.500 kendaraan, bahkan lebih! Lonjakan itu terutama terlihat saat weekend. “Kendaraan yang melintas, didominasi jenis golongan satu. Diantaranya mobil, bus, truk engkel. Sisanya, truk kontainer, truk gandeng dan lain-lain,” katanya.

Untuk meminimalisir hal-hal tak diinginkan selama ada lonjakan penumpang, pihak pengelola tol pun mengintensifkan patroli di lapangan. 

(br/fun/zal/fun/JPR)

Source link