Bangun Jalan Pintas Mumbul-Mayang – Radar Jember

Akhirnya, pemerintah desa membangun jalan pintas tersebut. “Ini untuk menghubungkan Desa Karang Kedawung dan Desa Mrawan,” kata Abdul Kadir Karim, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial (PMKS) Kecamatan Mumbulsari. Menurut dia, akses yang cukup jauh itu juga dialami oleh warga Desa Mrawan, Kecamatan Mayang yang hendak kota.

Misal, warga Lempeji harus melewati Desa Seputih, Mayang hingga Pakusari. Bila hendak melewati arah Mumbul, mereka juga harus berputar dari Desa Mumbulsari, Lengkong hingga ke kota. “Namun dengan jalan ini, mereka bisa lebih cepat karena jalur pintas,” ujarnya. 

Yakni bisa langsung tembus ke terminal Pakusari dengan menempuh jarak yang lebih cepat. Jarak jalan yang dibangun itu sekitar satu kilometer. Hal itu tak hanya memudahkan warga yang bergerak di bidang ekonomi, namun pendidikan. “Ada yang tiap hari harus kuliah di Unej,” ujarnya. 

Selama ini, jalan tersebut dilewati oleh sebagian warga saja.  Karena tidak bisa dilewati secara berpapasan sebab jalannya sangat sempit. Selain itu, di pinggiran jalan tersebut merupakan lahan sawah petani. 

Mereka harus mengangkut hasil panennya secara manual. Berbeda ketika jalur tersebut sudah dibangun. Petani bisa menggunakan kendaraan untuk mengangkut hasil panen. “Ini kami bangun dari dana APBDes,” tuturnya. 

Namun, lanjut dia, pembangunan itu masih sebatas membangun plengsengan, memperluas dan pemadatan jalan agar bisa dilewati. Sedangkan pengaspalan atau paving direncanakan tahun berikutnya. “Jalan awalnya setapak, dilebarkan sekitar empat meter,” ucapnya. 

Melalui pelebaran jalan itu, Ading berharap agar aktivitas ekonomi dan pendidikan warga bisa lebih baik. Yakni ada peningkatan ekonomi karena jalan mudah di tempuh dan lebih cepat. “Misal hendak menjual sayur di Pasar Tanjung, akses lebih cepat sekarang,” pungkasnya. 

(jr/gus/das/JPR)

Source link