Bank Mandiri Sediakan Rp 34 Triliun – Radar Surabaya

Senior Vice Presindent RTCH Regional 8 Bank Mandiri Susatyo Anto Budiono mengatakan, wilayah 8 menguasai pangsa pasar sebesar 30 persen secara nasional, sehingga pihaknya menyiapkan dana sebesar Rp 4-5 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadan dan Lebaran. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan jumlah tahun lalu sebesar Rp 800 miliar hingga Rp 1 triliun. 

Menurutnya, peningkatan tersebut dikarenakan libur cuti bersama yang diperpanjang. Sehingga pihaknya akan meningkatkan hingga 5 kali lipat.

“Tahun ini lebih tinggi karena kami prediksi untuk 36 hari selama Ramadan hingga usai Idul Fitri karena panjangnya hari cuti besar, adanya kebutuhan untuk biaya pendidikan untuk biaya masuk sekolah, dan pembayaran tunjangan hari raya,” terangnya di sela-sela acara Bazar Mandiri di Menara Mandiri Surabaya, Senin (28/5).

Susatyo menjelaskan, stok persediaan uang tunai di ATM juga akan meningkat dikarenakan pecahan uang tunai di ATM didominasi oleh uang pecahan Rp 50.000. Hal ini dikarenakan Bank Indonesia juga tidak menyediakan pecahan Rp 100.000 dalam jumlah yang cukup.

“Sehingga stok persediaan rupiah di ATM juga naik,” tuturnya.

Susatyo menambahkan, dalan rangka menyambut hari Raya Idul Fitri, Bank Mandiri juga menyelenggarakan program Mandiri Temani Hari Rayamu atau Mandiri THR. Dimana masyarakat biasanya dalam menghadapi bulan Ramadan akan membeli barang-barang kebutuhan buka puasa di rumah maupun di luar bersama keluarga dan belanja kebutuhan sehari-hari. Bazar Mandiri THR berada di lantai 17 gedung Menara Mandiri. 

Bazar yang diselenggarakan dalam rangka menyambut datangnya hari Raya Idul Fitri ini menampilkan 10 tenant yang menyediakan beragam produk seperti, baju, handphone, sepatu, dan peralatan rumah tangga lainnya. Bazar akan berlangsung hingga tanggal 31 Mei dengan target nilai transaksi mencapai Rp 1 miliar.

“Bazar bulan Maret lalu mencapai Rp 1,8 miliar. Ya bulan ini setidaknya mencapai Rp 1 miliar lah,” kata dia. (cin/hen)

(sb/cin/jek/JPR)