Banyak Eskavator Tua – Radar Bromo

BANGIL – Pengadaan alat berat baru memang sangat dibutuhkan Pemkab Pasuruan. Pasalnya, keberadaan alat berat jenis eskavator yang dimiliki Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan tergolong sudah “manula”.

“Karena itu, kami memandang pengadaan alat berat di dinas terkait sangat perlu direalisasikan,” kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan, Rusdi Sutejo.

Rusdi menambahkan, pihaknya mendukung rencana pengadaan alat berat di Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan. Hal tersebut  tak lain untuk mengoptimalisasikan pelaksanaan normalisasi di wilayah Kabupaten Pasuruan.

“Alat berat yang ada saat ini kan sudah tua yakni pengadaan tahun 2004. Sehingga, kurang maksimal jika dioperasikan. Sering mogok dan membuat kegiatan normalisasi tak berjalan maksimal,” sambungnya.

Hanya saja, diakuinya pengadaan alat berat yang diusulkan dinas terkait cukup  besar menyedot anggaran. Total kebutuhan dananya mencapai Rp 10 miliar. Dana tersebut untuk belanja empat alat berat.

Rinciannya, dua unit alat berat berupa eskavator itu berukuran besar. Sementara satu lainnya, eskavator kecil dan satu lainnya jenis amphibi. “Keputusannya, tergantung timgar banggar nantinya,” urainya.

Senada disampaikan Eko Suyono, sekretaris komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan. Ia menyepakati, pengadaan alat berat tersebut. Karena itu, pihaknya sangat mendukung dengan pengadaan empat alat berat itu.

Seperti yang pernah diberitakan, Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan mengajukan penganggaran Rp 10 miliar. Dana itu, untuk memborong empat alat berat, berupa eskavator. Sebab, keberadaan eskavator yang dimiliki saat ini sudah sering mogok.

Source link