Banyak PNS Telat Masuk Kantor – Radar Semarang

RADARSEMARANG.ID–Sebanyak 43 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Magelang mengakui terlambat mengikuti apel pagi yang dipimpin Wali Kota Sigit Widyonindito, Selasa (19/12/2017). Puluhan PNS lainnya, memilih diam.

Para pegawai yang absen apel dipanggil melalui pengeras suara oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang, Aris Wicaksono di halaman belakang kantor wali kota.

Aris menyayangkan hanya 43 pegawai yang berkata jujur. Sisanya, tak berani muncul. “Pasti jumlahnya lebih dari ini, tapi nggak mengakui, maka akan kita sisir lagi,” kata Aris, usai membariskan pegawai yang terlambat.

Aris berjanji akan mengerahkan pegawai BKPP untuk mengecek mesin fingerprint. Dari mesin absensi elektronik, akan didapatkan nama-nama pegawai yang terlambat. Terkait sanksi, sesuai aturan yang berlaku.

“Kita inventarisasi. Nanti, setelah lengkap, akan kami surati para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memperhatikan bawahannya, khususnya nama-nama pegawai yang sering terlambat. Ingat, disiplin itu nafasnya PNS.”

Dari yang berani jujur, Aris melihat ada pegawai yang mengulang kesalahan sama. Lainnya, beralasan sedang memiliki kesibukan di rumah.“Padahal, apel ini sangat penting diikuti pegawai, karena wali kota memberikan pengarahan hal-hal yang perlu diselesaikan di tahun ini.”

Dalam arahannya, Wali Kota Sigit Widyonindito meminta seluruh pegawai untuk bekerja keras menyelesaikan program-program 2017 yang belum rampung. Sigit juga mengajak masyarakat untuk merawat infrastruktur kota. Dalam waktu dekat, Kota Magelang akan punya air mancur menari yang bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung Alun-Alun. “Menghadapi Natal dan Tahun Baru, air mancur boleh dinyalakan sekaligus untuk uji coba.”

(sm/put/ton/JPR)