Begini Kegembiraan Bupati setelah Gubernur Teken RIP Pelabuhan Sluke – Radar Kudus

KOTA – Polemik Pelabuhan Tanjung Bonang di Kecamatan Sluke mulai ada titik terang. Baru-baru ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menandatangani Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

Kabar gembira tersebut diungkapkan Bupati Rembang Abdul Hafidz disela acara lunching e-retribusi di Pasar Kota Rembang baru-baru ini. Menurutnya, setelah RIP diteken gubernur, selanjutnya pemkab tinggal menyiapkan kelanjutan agar legalitasnya agar segera terpenuhi.

”Proses awal ini sudah clear. Maka proses legalitas Pelabuhan Tanjung Bonang segera dipenuhi,” ujarnya Hafidz.

Setelah mendapatkan izin RIP tersebut. Pelabuhan nanti akan menjadi pelabuhan pengumpan regional. Agar proses legalisasi berjalan dengan baik, mala daerah akan segera minta rekomendasi gubernur dan Dirjen Perhubungan.  

”Daerah memang belum dapat memanfaatkan. Karena RIP baru bulan November di tandangani Gubernur. Jadinya harus menunggu ketetapan legal terlebih dahulu,” terangnya.

Kemudian terkait penghasilan yang ada di pelabuhan Tanjung Bonang selama ini, menurutnya masuk di dalam kas negara. Melalui pendapatan negara bukan pajak. Dengan kata lain semua masuk pemerintah pusat.

Meski begitu, daerah ada kelebihan. Karena semua barang yang diangkut, terutama GOL C sebelum jalan harus melunasi pajaknya. Dengan demikian daerah tetap mendapatkan pemasukan dari sisi GOL C.

”Semua barang yang masuk memang harus melunasi pajak. Dengan demikian tidak ada yang diselewengkan,” jelasnya. 

(ks/ali/noe/top/JPR)