Berantas narkoba, puluhan anggota TNI di tes urine – Radar Kudus

Sebelumnya, tak ada pemberitahuan bagi para anggota. Pengecekan urine dilakukan usai apel pagi. Anggota diberi pengarahan di aula kemudian diminta mengambil sampel urine masing-masing.

Para anggota menjalani pemeriksaan dengan tertib. Tak tampak wajah khawatir yang ditunjukkan. Beberapa di antaranya justru terlihat tertawa usai mengambil sampel urine. Petugas sendiri mengecek satu persatu sampel urine anggota dengan cekatan.

Terkait pengecekan urine ini, Dandim 0719 Jepara Letkol Inf Ahmad Basuki melalui Pasi Intel Kapten Inf Subowo mengatakan, pemeriksaan narkoba bagi anggota itu dilakukan menindaklanjuti instruksi pimpinan yang telah menyatakan perang dan berkomitmen memberantas narkoba. ”Saat ini Indonesia darurat narkoba karena itu kami lakukan pengecekan urine untuk memastikan kondisi anggota kami bebas narkoba,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Kapten Inf Subowo menyampaikan, pemeriksaan narkoba tersebut dilakukan rutin empat kali dalam setahun. Pada triwulan pertama tahun ini, sudah dilakukan sosialisasi bagi anggota. Untuk triwulan dua, tiga, dan empat dilakukan penindakan langsung dengan melaksanakan tes urine secara acak pada anggota. ”Pada triwulan tiga lalu kami lakukan bersih-bersih asrama TNI baik personel maupun keluarganya. Kami lakukan penggeledahan asrama juga. Hasilnya nihil,” tuturnya.

Pada pemeriksaan kemarin, Kapten Inf Subowo menyatakan, diambil 50 anggota secara acak. Anggota itu berbeda dengan yang telah dicek urine nya pada pemeriksaan-pemeriksaan sebelumnya. ”Kami tekankan pada anggota tidak perlu takut selama tidak menggunakan narkoba,” ujarnya.

Kapten Inf Subowo menambahkan, jika nantinya ada indikasi pihaknya selaku yang diberi amanat untuk melakukan pengecekan urine akan menyampaikan laporan pada Dandim dan akan diteruskan ke tingkat yang lebih tinggi. ”Namun sampai saat ini belum ada,” imbuhnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)