Peran komoditas ini berbeda dengan laju inflasi bulan sebelumnya. Beras mengalami persentase penurunan harga sebesar 3,92 persen, dengan memberikan andil inflasi sebesar -0,16 persen.

Hal tersebut tidak lepas dari harga yang cenderung turun dan tetap, tidak mengalami perubahan yang signifikan. Beras tetap berada di kondisi harga stabil dengan stok barang yang cukup.

Hal tersebut dibenarkan oleh Djoko Raharto sebagai salah satu anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri. “Adanya deflasi di bulan Mei tidak lepas dari peran komoditi beras.Yang dipanen besar-besaran di bulan Maret dan April,” ujarnya setelah acara press rilis.

Laki-laki yang juga orang nomor satu di kantor Bank Indonesia (BI) Wilayah Kediri ini menjelaskan, bila harga beras juga cenderung tidak mengalami perubahan pascapanen raya. Itu dikaitkan dengan stok yang melimpah dengan kondisi harga di pasaran yang masih stabil.

Berdasarkan himpunan data Jawa Pos Radar Kediri, komoditas beras menduduki posisi pendukung deflasi selama tiga bulan terakhir secara berturut-turut. Hal tersebut tidak lepas dari perubahan harga beras sejak dua bulan terakhir, dan masih bertahan hingga jelang Lebaran ini. “Komoditi ini belum mengalami kenaikan harga,” imbuh Djoko.

Perolehan tersebut serupa dengan kondisi beras di pasaran. Ningsih selaku salah satu pedagang beras di Pasar Setonobetek mengungkapkan, bertahannya harga dagangannya dipengaruhi oleh stabilnya stok beras yang ia miliki. Sehingga permintaan konsumen bisa selalu dipenuhi.

“Harga pada tetap semua, jenis beras seperti IR 64 Super, Serang, Bengawan sama Bramo belum berubah karena masih banyak pasokan,” terangnya sambil melayani pembeli. Diketahui harga beras saat ini berkisar Rp 9.500 sampai Rp 11.500  per kilogramnya.

Hal senada diungkapkan Jujuk yang juga berdagang di kios Pasar Setonobetek. “Sejauh ini belum berubah, ada sebulanan harga beras masih stabil,” ujarnya. Perempuan asal Cianjur ini mengakui, bila pasokan beras mampu memenuhi permintaan konsumen di pasaran hingga Lebaran nanti.

(rk/*/die/JPR)

Source link