beras rastra sukoharjo – Radar Solo

SUKOHARJO – Penyaluran beras sejahtera (rastra) tahun ini telah selesai terdistribusi kepada penerima bantuan. Penyaluran terakhir untuk Desember dilakukan dari Senin (6/11) Kamis (9/11). Bantuan tersebut sudah disalurkan kepada 47.849 keluarga penerima manfaat (KPM) di Sukoharjo.

Kepala Gudang Bulog Telukan Sukoharjo Wisnu Sancoyo mengatakan, penyaluran ini sudah sesuai target Bulog. Terakhir untuk jatah Desember akan disalurkan pada November ini. ”Penyalurannya sampai saat ini cukup lancar,” katanya, Jumat (3/11).

Gudang Bulog Telukan Sukoharjo mendapat alokasi penyaluran rastra sebesar 717.735 kilogram untuk 47.849 KPM. Para penerima rastra tersebar di 167 desa dan kelurahan di 12 kecamatan. Masing-masing KPM dipastikan sudah menerima rastra.

Penyaluran rastra tahun ini mulai dilaksanakan Bulog Telukan pada pertengahan Maret. Para pelaksanaannya penyaluran rastra bisa dilaksanakan dua kali setiap bulan di momen tertentu seperti saat Ramadan dan menjelang Lebaran.

Penyaluran dua kali tersebut dilakukan untuk mempercepat proses penerimaan rastra kepada para penerima. Sebab, peluncuran pertama penyaluran dilakukan cukup terlambat, yakni mulai Maret. Keterlambatan ini karena menunggu data dari pemerintah pusat.

”Untuk Desember tidak ada penyaluran rastra karena semua alokasi tahun ini sudah selesai disalurkan semua sampai November,” lanjutnya.

Ditanya rastra ke-13 atau ke-14, Wisnu mengaku belum mengetahui. Sebab sampai sekarang belum ada informasi apapun dari pemerintah. Sementara itu, persiapan pelaksanaan penyaluran rastra terakhir alokasi Desember sudah dipersiapkan Bulog Telukan. Beras sudah disiapkan termasuk dengan armada kendaraan berupa truk pengangkut untuk mengangkut ke desa dan kelurahan.

(rs/yan/bay/JPR)

Source link