Berdakwah Harus Ikut Jaman – Radar Jember

Hal itu menjadi pembahasan dalam Musyawarah Wilayah mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB) di Hotel Jember Indah, kemarin (17/11). Kegiatan itu dihadiri oleh berbagai mahasiswa dari perguruan tinggi.

“Ini sekaligus menentukan pemilihan ketua  baru,” kata Ahmad Hisyam Nugroho, ketua HMPS Prodi KPI IAIN Jember. sebelumnya, ketua perhimpunan KPI itu dijabat oleh mahasiswa dari Universitas Nurul Jadid Paiton (Unuja), sekarang dipimpin oleh delegasi dari Institut Kiai Faqih Gresik. 

Dalam Muswil tersebut, kata Hisyam, tantangan berdakwah cukup kompleks pada era sekarang. Sebab, teknologi terus berkembang sangat cepat. Sehingga harus ada inovasi tersebut dalam berdakwah pada masyarakat. “Kami membahas peran media dan peran KPI ke depan,” tuturnya. 

Setelah lulus kuliah, mahasiswa KPI harus memiliki inovasi yang menarik dalam berdakwah. Misal, berdakwah di bidang keislaman. “Dakwahnya harus menguasai media sebaik mungkin, tak hanya media konvensional,” tuturnya.

Sekarang, lanjut dia, metode dakwah yang digunakan belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi. Padahal, peran teknologi, seperti media sosial cukup besar dalam bidang dakwah. Misal lewat instaram, facebook ataupun youtube. 

Untuk itulah, para mahasiswa KPI tersebut membangun komunikasi menyatukan persepsi. Sehingga dakwah melalui media bisa dilakukan dengan efektif . “Kami membahas apa yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa KPI ke depan,” pungkasnya. 

(jr/gus/das/JPR)

Source link