Bikin Kreasi Kue Kartini dari Kopi – Radar Jember

Lomba itu memang dalam rangka memperingati Hari Kartini, 21 April. Para anggota PKK ingin semangat Kartini diaplikasikan ibu rumah tangga dengan membuat kreasi kue. Kreasi yang mereka buat cocok dengan tagline Republik Kopi. Sebab, bahan kuenya memang mengandung kopi.

Sekretaris Kecamatan Kota Bondowoso Zainur Ridha mengungkapkan, lomba itu dalam rangka mengeksplorasi Bondowoso Republik Kopi. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa kopi tidak hanya menjadi minuman saja. Namun, bisa menjadi makanan. “Dan para ibu PKK membuktikannya,” ungkapnya, saat mendatangi lomba bersama Lurah Tamansari Erfan.

Pantauan Jawa Pos Radar Ijen, banyak kreasi ibu-ibu PKK yang ditampilkan dalam lomba masakan berbahan kopi di Kafe Bunga Pelita, Tamansari tersebut. Di antaranya Kopi Lava, Banana Kopi, Brownis Roti Kopi, Puding Kopi, Kue Tar Kopi, dan masih banyak lagi. Kebanyakan persentase kopinya menonjol sampai 40 persen. “Asalkan rasa kopinya tidak pahit,” ungkap Niken Hapsari, juri dari SMKN 2 Bondowoso.

Selain Niken, juri dalam lomba itu ada dari Pengurus Cabang PKK Bondowoso, Endang. Serta ada 24 kelompok PPK dari 24 RT se-Kelurahan Tamansari. Para ibu PKK ini membuat kreasi dengan latihan terlebih dahulu. Dengan kegiatan ini, mereka merasa bangga bisa menunjukkan bahwa ada makanan dari kopi. 

(jr/hud/aro/das/JPR)

Source link