Bulan Ini Masih Potensi Terjadi Hujan Lokal – Radar Bojonegoro

Potensi hujan lokal dengan kecepatan angin 30 kilometer (km) per jam. Namun, masyarakat yang tinggal di tepi Bengawan Solo tentu cukup waswas. Salah satunya di beberapa ruas jalan protokol Kelurahan/ Kecamatan Babat.

Tipologi daerah berupa mangkuk, membuat air hujan cukup memengaruhi terjadinya banjir di Babat. Terutama di Jalan Gotong Royong, Jalan Kartini, dan Jalan Pramuka. “Kalau hujan lokal seperti minggu ini tak terlalu berpengaruh,” ucap Prapto, sapaan akrabnya. 

Dia menuturkan, warga Kecamatan Babat tak perlu khawatir. Sebab, selama ini banjir hujan lokal sudah bisa diantisipasi dengan penggunaan pompa air. “Sudah kita antisipasi dengan pompa air. Buktinya saat musim hujan ini, ruas jalan di Babat tak terjadi banjir lagi,” imbuhnya. 

Meski begitu, Prapto mengaku jika hujan yang mengguyur tak berpengaruh pada debit air daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo di Lamongan. Sebab, pengaruh utamanya kiriman air dari hulu. Apalagi debit air di empat titik DAS Bengawan Solo di Lamongan sudah normal. 

“Kalau hujan saya kira tak terlalu berpengaruh. Justru yang berpengaruh itu ketika ada kiriman air dari arah barat (hulu),” ucapnya.  Namun, gelombang di perairan laut terus melandai. BMKG m e m p e rk i ra k a n t i n g g i gelombang di perairan laut antara 0,3 meter (m) hingga 0,8 meter. Kondisi ini berbeda dengan beberapa minggu lalu, yakni ketinggian gelombang lebih dari 2,5 meter.

(bj/ind/rij/faa/JPR)

Source link